SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Kebakaran Bantul, Juni-September puluhan lahan jati dan akasia terbakar

Harianjogja.com, BANTUL — Terhitung sejak Juni hingga September, tercatat ada belasan kejadian kebakaran lahan di wilayah Kabupaten Bantul. Berdasarkan data dari Pusdalops BPBD Bantul, ada 13 kejadian kebakaran lahan dengan total luasan mencapai puluhan hektare. Terkahir tiga hektare lahan jati dan akasia di Dusun Pringgading, Guwosari, Pajangan terbakar pada Rabu (13/9/2017) lalu.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Wakil ketua satuan Tugas Pemadam Kebakaran Bantul, Yohanes Widyatmoko mengatakan kebakaran lahan cenderung meningkat saat musim kemarau. Maka masyarakat perlu mewaspadai angin kencang yang sering terjadi akhir-akhir ini.

Menurut dia kebakaran lahan terakhir yang terjadi di Guwosari disebabkan oleh api pembakaran sampah warga yang merembet ke lahan kosong akibat tertiup angin kencang. Meskipun saat membakar sampah telah dilokalisir namun api menjadi tak terkendali sehingga menyebar ke beberapa titik.

“Ono mowo setitik teko dadi [ada percikan api sedikit pasti jadi/terbakar],” katanya pada Kamis (14/9/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya