SOLOPOS.COM - Kebakaran lahan Jati di Desa Wareng, Wonosari pada Senin (7/9/2015) malam. (Harian Jogja-Uli febriarni)

Kebakaran di Gunungkidul terjadi di hutan jati

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Lahan pepohonan jati seluas 1 hektare di Desa Wareng, Wonosari terbakar pada Senin (7/9/2015) malam.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Salah seorang warga yang berada di lokasi, Agus, mengatakan bahwa penyebab terjadinya kebakaran belum diketahui secara pasti.

“Tapi sepertinya karena ada yang membakar sampah, kemudian merembet. Karena ada banyak daun kering di sana,” urainya.

Api mulai terlihat sekitar pukul 19.00 WIB, saat itu api kemudian membesar dengan cepat.

Sementara itu, salah seorang petugas pemadam kebakaran dari UPT Penanggulangan Bencana Kebakaran Kabupaten Gunungkidul, Jarwan menuturkan, ia mendapatkan informasi terjadi kebakaran di lahan jati tersebut sekitar pukul 19.00 WIB.

Ia juga belum bisa memastikan penyebab terjadinya kebakaran. Namun ia menduga penyebab kebakaran karena adanya warga yang membakar sampah di sekitar lokasi, dan kemudian api merembet.

“Berdasarkan penuturan warga, pukul 18.00 WIB ada warga yang membakar sampah di lokasi kejadian,” terangnya.

Begitu mendapatkan informasi terjadi kebakaran, jelas Jarwan, pihak UPT menurunkan dua unit mobil pemadam kebakaran. Ia menyatakan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

Jarwan mengimbau kepada masyarakat agar tidak sembarangan dalam membakar sampah. Pantauan api atau bara pembakaran sampah perlu dipantau, karena bukan tidak mungkin, api bukan hanya membakar sampah, melainkan merembet ke hutan atau lainnya yang mudah terbakar. Lalu menyebabkan kebakaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya