SOLOPOS.COM - Ilustrasi korban kecelakaan (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Solopos.com, BANTUL — Seorang pengendara sepeda motor asal Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah, meningal dunia setelah ditabrak bus pariwisata di Jalan Raya Parangtritis, tepatnya di depan Gereja Kristen Jawa (GKJ), Dusun Duwuran, Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kanit Penegakkan Hukum Satlantas Polres Bantul, Ipda Ni Ketut Reni Juliani, mengatakan kecelakaan yang melibatkan sepeda motor dan bus parawisata itu terjadi pada Sabtu (20/5/2023) sekitar pukul 17.30 WIB.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Kecelakaan itu bermula saat bus pariwisata berpelat nomor H 7128 OA melaju dengan kecepatan sedang dari arah selatan menuju ke utara atau dari arah Pantai Parangtritis menuju Kota Jogja.

Setibanya di lokasi kejadian dari arah berlawanan melaju sepeda motor Honda Vario berpelat nomor AD 6925 TT yang dikendarai Wardoyo, 29, warga Kota Solo. Sepeda motor itu melaju dengan kecepatan tinggi dan melambung terlalu ke kanan.

Saat jarak antara motor dan bus semakin dekat, sepeda motor tersebut tetap melambung di kanan atau di arah berlawanan.

“Pengemudi bus pariwisata berusaha menghindar dengan cara banting setir ke arah kanan, namun masih menabrak sehingga terjadi kecelakaan lalu lintas,” katanya, saat dihubungi Senin (22/5/2023).

Akibat kejadian tersebut, pengendara sepeda motor mengalami luka cidera kepala berat, kaki kanan bagian lutut patah, pergelangan kedua tangan patah, muka lecet-lecet, pelipis kanan sobek, bibir atas sobek.

“Pengendara sepeda motor meninggal dunia di TKP [lokasi kejadian],” ujarnya.

Jenazah kemudian dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul. Selanjutnya jenazah diserahkan kepada pihak keluarga.

Kerasnya benturan menyebabkan sepeda motor ringsek bagian depan, rangka depan bengkok ke belakang, jok terlepas, sok depan bengkok, stang bengkok, dan totok depan pecah. Sementara bus mengalami lampu depan kiri pecah, dan lampu depan kiri pecah.

Kedua kendaraan yang terlibat kecelakaan tersebut disita oleh Polres Bantul untuk penyelidikan lebih lanjut.

Kasi Humas Polres Bantul, Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengimbau kepada semua pengendara kendaraan agar bijak dalam berkendara di jalan dengan menjaga kecepatan dan fokus konsentrasi saat berkendara.

“Selain itu pengendara kendaraan juga diminta untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas demi keselamatan bersama,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Tabrakan dengan Bus Pariwisata, Pengendara Motor Meninggal Dunia di Jalan Parangtritis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya