SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Antara)

Kecelakaan wisata terjadi di Pantai Glagah, korban berhasil diselamatkan

Harianjogja.com, KULONPROGO- Wisatawan asal Purworejo, Jawa Tengah bernama Fajar diketahui tenggelam di Muara Sungai Serang, Pantai Glagah, Temon, Kulonprogo, Minggu (27/12/2015). Nyawa pemuda 22 tahun itu berhasil diselamatkan para nelayan dan tim SAR yang berada tidak jauh dari lokasi kejadian.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Komandan SAR Wilayah V Kulonprogo, Samsudin peristiwa itu berawal ketika korban dan lima temannya mencari kerang sambil mandi di sisi timur Muara Sungai Serang. Tiba-tiba korban terperosok ke lubang bekas pengerukan alur sungai dan tenggelam. Teman-teman korban langsung berteriak dan meminta pertolongan. Mereka tidak berani menolong sendiri karena khawatir ikut jadi korban.

Teriakan tersebut mendapatkan respon dari tim SAR yang segera menuju lokasi kejadian untuk memberikan pertolongan. Beberapa nelayan pun datang membantu. Saat berhasil kembali dibawa ke daratan, korban dalam kondisi pingsan. Tim kemudian berusaha mengeluarkan air dari tubuh korban hingga jalan pernapasannya kembali lancar dan tersadar.

“Upaya penyelamatan tidak mudah karena arus sungai sangat deras. Setelah korban sadar, kami memberikan penangan lanjutan,” kata Samsudin, saat dikonfimasi pada Minggu sore.

Tim SAR tidak membawa korban ke rumah sakit karena kondisinya cepat membaik. Korban pun pulang bersama teman-temannya setelah dianggap telah memiliki cukup kekuatan. Samsudin lalu berharap, peristiwa itu bisa menjadi peringatan bagi wisatawan lain agar tidak mandi di kawasan pantai.

“Jumlah wisatawan jelas bertambah signifikan pada masa liburan sehingga kami harus meningkatkan kewaspadaan dalam upaya pengawasan,: ujar Samsudin menambahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya