SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA-Dana Keistimewaan (Danais) termin pertama dikabarkan telah cair. Dinas Kebudayaan DIY yang mendapatkan jatah paling besar.

Gusti Bendara Pangeran Haryo (GBPH) Yudhaningrat memastikan kabar tersebut. “Sudah sampai Jogja. (Pembagian di SKPD) tinggal tunggu DPKAD (Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) dan Bappeda,” ujar adik Sultan Hamengku Buwono X itu di Komplek Kepatihan, Senin (18/11/2013).

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Ia memperkirakan, Danais itu direalisasikan mulai pekan depan. Pekan ini, finalisasi program kegiatan di 24 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) baru dilakukan. Namun, Yudha mengaku tak menahu berapa besar Danais yang cair pada termin pertama itu.

Ia hanya mengetahui jumlah Danais yang mengalir di intansinya tersebut. Dan, mengenai tenggat waktu pelaporan penggunaan Danais.

“Akhir bulan harus sudah di- SPJ [surat pertanggungjawaban] sampai 75 persen. Kalau tidak Danais termin kedua tidak cair,” ujarnya.

Menurut dia, 75% itu merujuk pada total seluruh 81 program item di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Yudha menghitung dengan komposisi pemerolehan Danais, intansinya dituntut untuk bisa menyelesaikan program kegiatan sebanyak 35%.

Yudha mengatakan program kegiatan yang harus segera dikebut adalah pengerjaan fisik Kraton dan penataan Imogiri. Menurut rencana, anggaran yang dialokasikan untuk program tersebut Rp200 juta. Waktu yang tersedia menurut Yudha memungkinkan, karena kegiatan itu tidak perlu proses lelang.

Adapun program- program kegiatan lainnya yang direncanakan adalah akademi komunitas. Menurut dia, program itu akan dibahas terlebih dahulu bersama gubernur mengingat waktu yang sudah  semakin pendek.
“Kalau waktu tidak mencukupi dana dikembalikan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya