SOLOPOS.COM - PENGEMBANGAN KAWASAN PESISIR YOGYAKARTA Seorang warga dengan alat berat menyelesaikan pembuatan tambak udang di kawasan pesisir pantai selatan, Srandakan, Bantul, Yogyakarta, Jumat (17/1). Dalam setengah tahun terakhir kawasan yang merupakan Sultan Ground atau tanah Keraton Yogyakarta tersebut mulai dikembangkan menjadi tambak yang dikelola secara pribadi maupun kelompok karena dipandang mempunyai peluang besar untuk membangun perekonomian setempat. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/

Keistimewaan DIY untuk Sultan Ground dan Paku Alam Ground diinventaris.

Harianjogja.com, JOGJA — Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY mengajukan anggaran sebesar Rp15 miliar pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 khusus untuk inventarisasi dan sertifikasi tanah Paku Alam Ground (PAG) dan Sultan Ground (SG).

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY, Hananto usai rapat kerja dengan Komisi A, di gedung DPRD DIY, Jumat (5/8/2016) sore.

Menurut dia, besaran dana itu lebih besar daripada yang diajukan di tahun sebelumnya. Pada 2016, dinas mendapatkan anggaran sebesar Rp13 miliar. Dari dana tersebut, dinas telah menggunakannnya untuk inventarisasi dan sertifikasi PAG dan SG.

Data di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY menyebutkan ada 31.804 bidang tanah desa dengan luasan mencapai 209.464.462 meter persegi yang telah terinventarisasi.

Sedangkan untuk tanah keraton dan kadipaten, ada 13.266 bidang tanah dengan luasan 58.219.146 meter persegi yang terinventarisasi. Dari jumlah tanah tersebut, pada 2015 ada 2.867 lembar sertifikat.

Sementara pada 2016, ditargetkan ada 1.190 lembar sertifikat berhasil diterbitkan atas tanah tersebut.

“Untuk 2017, ada 2.000 sertifikat,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya