SOLOPOS.COM - Ilustrasi kekeringan (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Kekeringan Kulonprogo dapat diatasi dengan pipanisasi.

Harianjogja.com, KULONPROGO-Kepala BPBD Kulonprogo Untung Waluyo mengungkapkan, titik kekeringan tahun ini meluas dan mencapai lebih dari 200 titik. Hal itu sebagai akibat musim kemarau panjang yang diprediksi masih akan berlangsung hingga bulan November mendatang.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

“Kondisi kekeringan saat ini semakin parah. Sebelumnya hanya di lima kecamatan, kini makin meluas di Lendah dan Panjatan,” ujar Untung, Rabu (7/10/2015).

Lebih lanjut Untung memaparkan, pipanisasi masih menjadi salah satu upaya utama dalam mengurangi potensi bencana kekeringan di Kulonprogo. Ke depan upaya pipanisasi dengan menyalurkan air dari sumber air di wilayah yang berdekatan akan dioptimalkan. Diharapkan melalui upaya tersebut, jumlah kepala keluarga yang kekerungan air semakin berkurang.

Meski demikian, dropping air masih akan terus dilakukan untuk membantu warga yang kekurangan air bersih. Untung mengungkapkan, sampai saat ini pun permintaan air bersih dari warga masih masuk ke BPBD, PDAM maupun Tagana.

“Proposal permintaan air semakin banyak yang masuk. Akibat kekeringan ini, semakin banyak warga yang minta droping air. Untuk itu, kami mengimbau agar warga bersabar dan mengantre untuk mendapatkan giliran air bersih,” imbuh Untung.

Kecamatan Desa
1. Kokap Hargowilis, Hargotirto, Hargorejo
2. Girimulyo Pendoworejo, Purwosari
3. Kalibawang Banjaroyo
4. Samigaluh Purwoharjo, Sidoharjo, Gerbosari, Ngargosari, Banjarsari, Pagerharjo, Kebonharjo
5. Sentolo Tuksono
6. Pengasih Sidomulyo, Karangsari
7. Panjatan Krembangan
8. Lendah Bumirejo

Sumber : BPBD Kulonprogo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya