SOLOPOS.COM - Ilustrasi taman kota (JIBI/Solopos/Dok.)

Harian Jogja.com, JOGJA—Akibat kurangnya penyiraman selama musim kemarau, kondisi sejumlah taman di Kota Jogja mulai rusak.

Dari pantauan Harian Jogja.com, di sejumlah taman di Kotabaru, Timoho dan Kusumanegara terlihat rumput dan tanaman mulai menguning. Hal itu dikarenakan kurangnya intensitas penyiraman dan perawatan.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Salah satu warga Timoho, Umbulharjo, Sukirno mengatakan, kondisi taman kota di sekitarnya sangat memprihatinkan. Tanaman yang ada terlihat menguning dan layu.

“Kalau sudah begini bagaimana perawatannya dari Pemkot. Kan sayang,” katanya, Jumat (25/9/2013.

Dikonfirmasi, Kepala Bidang Keindahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jogja, Indiah Widiningsih, megatakan dengan kondisi cuaca terik saat ini, kondisi tanaman di sejumlah taman kota memang banyak yang kering.

Untuk itu pihaknya dalam waktu dekat akan meningkatkan intensitas penyemprotan.

“Untuk sementara yang bisa kami lakukan adalah penambahan intensitas  penyemprotan. Jika semula dua hari sekali, maka kami tingkatkan. Untuk pemupukan jelas tidak bisa, karena cuaca terik justru akan merusak,” katanya.

Menurutnya permasalahan taman bukan sepenuhnya menjadi tanggungjawab pihaknya. Namun juga menjadi tanggungjawab warga. Selama ini, sejumlah taman rusak diakibatkan pola perilaku masyarakat.

“Untuk itu kami minta warga juga ikut terlibat menjaganya,” ujarnya berharap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya