SOLOPOS.COM - Tim startup Gepo Energy UGM meraih juara dalam ajang Pertamuda Seed and Scale 2022. (Istimewa/ugm.ac.id)

Solopos.com, JOGJA — Tim startup Gepo Energy dari Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menjadi juara dalam Top 3 kompetisi ide bisnis mahasiswa Pertamuda Seed and Scale 2022 yang diselenggarakan PT Pertamina (Persero). Tim startup UGM ini pun mendapatkan pendanaan usaha senilai Rp100 juta.

Dalam ajang yang berlangsung di Jakarta pada 7-10 Desember 2022, tim startup UGM bersama Cody Kit dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Taman School dari Universitas Indonesia (UI) berhasil menyisihkan 2.445 startup yang berasal dari 386 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Pertamuda merupakan kompetisi ide bisnis untuk wirausaha muda bidang energi dan ekonomi berkelanjutan yang diinisiasi PT Pertamina.

Ketua Gepo Energy, Lathief Nurmahmudi Wijaya, mengatakan sangat senang dan bangga timnya masuk dalam daftar top 3 pada kompetisi ini. Dia menuturkan Gepo Energy merupakan startup yang bergerak pada bidang energi terbarukan.

Produk dari Gepo Energy ini berupa Genting Photovoltaic yakni genting dan panel surya yang dilapisi self-cleaning glass. Selain itu, genting ini juga dilengkapi sistem cerdas  IoT sehingga dapat memonitor keadaan sekitar serta melakukan perawatan secara otomatis.

Baca Juga: Transportasi Umum di DIY Tak Lagi Dilirik, Peneliti UGM Tawarkan Solusi Ini

“Kami sangat bersyukur dan bahagia atas terpilihnya Gepo Energy sebagai Top Three di ajang Pertamuda ini,” jelas dia dalam siaran resmi, Selasa (13/12/2022).

Mahasiswa asal Purwokerto itu juga mengapresiasi dukungan dari Direktorat Kemahasiswaan UGM khususnya Subdirektorat Pengembangan Karakter Mahasiswa yang telah memberikan fasilitas dan dukungan kepada timnya selama ini.

“Semoga kami terus berkembang untuk menciptkan energi bersih dan terjangkau di Indonesia sesuai fokus SDGs poin 7,” terang Lathief.

Baca Juga: Kepala SMPN 2 Ngemplak Ungkap Kronologi Sejumlah Siswanya Kesurupan di Bali

Kepala Seksi Kewirausahaan UGM, Suprijani, mengatakan sebelum berlaga di ajang tersebut, tim dari UGM diberikan pelatihan dan pendampingan secara melekat sebelum akhirnya melakukan pitching lomba Pertamuda.

“Keberhasilan para mahasiswa UGM dalam ajang kewirausahaan diharapkan mampu memberikan kontribusi untuk bangsa dan tentunya memberikan inspirasi, menambah semangat untuk terus berkarya serta berwirausaha di kalangan mahasiswa,” kata Suprijani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya