SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Kerajinan bambu di Gunungkidul dianggap belum terimbas peingkatan wisata di wilayah tersebut

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL— Perkembangan pariwisata Gunungkidul yang terus meningkat belum terlalu berdampak pada usaha industri kerajinan bambu di Dusun Nitikan, Desa Semanu, Kecamatan Semanu, Gunungkidul.

Promosi Uniknya Piala Asia 1964: Israel Juara lalu Didepak Keluar dari AFC

Kenyataannya, salah satu sentra industri pengrajin bambu di Nitikan, belum mampu menembus minat pasar wisata Gunungkidul.

Salah seorang pengusaha kerajinan tangan bambu di Dusun Nitikan, Riyadi, mengaku belum pernah mendapatkan orderan dari dalam wilayah Gunungkidul. Selama ini barang kerajinannya selalu ia kirim ke beberapa wilayah di antaranya Jogja, Solo, hingga Jakarta.

Menurutnya, peminat kerajinan bambu dari Gunungkidul masih sangat kecil bahkan tidak ada.

“Selama ini masih kesulitan untuk dapat pelanggan di wilayah sendiri, jadi sampai saat ini kirimnya ke luar daerah Gunungkidul terus,” kata dia, Minggu (6/3/2016).

Saat disinggung mengenai ketersediannya untuk menunjang pariwisata Gunungkidul, ia mengaku sangat siap. Ia telah memiliki beberapa perencanaan ke depan untuk turut mendukung salah satu program unggulan pemerintah kabupaten tersebut.

Beberapa produk yang akan ia coba kerjakan antara lain souvenir, yang juga turut mengangkat budaya lokal. Kerajinan bambu yang dibuat akan mengandung salah satu hiasan kesenian khas Indonesia, yakni lukisan batik.

Dengan menorehkan batik, akan turut memperkenalkan dan membudayakan hiasan khas Indonesia tersebut secara tersirat kepada para wisatawan lokal maupun mancanegara yang membeli souvenir.

“Rencananya akan membuat beberapa hiasan gantungan kunci dan kipas yang tentu terbuat dari bambu. Nanti akan dipasarkan di tempat-tempat wisata, seperti di pantai,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya