SOLOPOS.COM - Prajurit bregodo ikut terlibat dalam kirab budaya acara merti dusun yang digelar warga Dusun Plumbon, Banguntapan, Bantul bersama Dinas Sosial DIY, Sabtu (12/12). (Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, JOGJA — Keraton Jogja atau Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat membuka pendaftaran seleksi calon prajurit untuk memenuhi kebutuhan kegiatan upacara adat di lingkungan keraton. Lowongan ini terbuka untuk masyarakat umum. Proses seleksi dijamin terbuka dan transparan.

Penghageng Kawedanan Keprajuritan Karaton Jogja, KPH Notonegoro, menjelaskan syarat utama dari calon prajurit yang mendaftar adalah bersedia mengabdikan diri pada Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Selain itu, memiliki semangat melestarikan kebudayaan khususnya seni keprajuritan. Kemudian diutamakan untuk orang yang telah tergabung dalam Bregada Rakyat, dibuktikan dengan adanya surat rekomendasi dari pengurus bregada setempat. Perekrutan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan Abdi Dalem Prajurit yang bertugas di berbagai upacara kraton.

“Sistem perekrutan ini kami lakukan secara terbuka, transparan, dan akuntabel melalui proses seleksi administratif dan seleksi keterampilan,” kata KPH Notonegoro dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/8/2022).

Baca Juga: Buru Pengedar Narkoba, Polisi DIY Malah Temukan Ladang Ganja 7 Hektare di Aceh

Saat ini kesenian keprajuritan dalam bentuk bregada sudah berkembang di berbagai daerah di DI Yogyakarta. Oleh karena itu, Keraton mengutamakan para pendaftar yang sudah memiliki pengalaman sebagai anggota bregada rakyat. Hal ini sekaligus untuk menjalin hubungan antara keraton sebagai sumber awal kesenian ini dengan bregada rakyat yang sekarang berkembang di masyarakat.

“Harapannya, dengan terjalinnya hubungan ini, kesenian keprajuritan ini dapat semakin berkembang meski juga tetap harus terjaga pakem atau tata aturan bakunya,” katanya.

Selain syarat administrasi, terdapat beberapa hal yang juga diperhatikan untuk calon pendaftar yaitu mengenai batas usia calon prajurit dari 22-40 tahun; tinggi badan minimal 165 cm dengan berat badan proporsional; dan sehat secara jasmani maupun rohani, tidak cacat fisik maupun mental.

Baca Juga: PBAK 2022 Dibubarkan, Senat Mahasiswa UIN Jogja Sebut Rektorat Otoriter

Pendaftaran ini dibuka mulai Minggu (21/8/2022) hingga Rabu (21/9/2022). Untuk syarat administrasi yang harus dipenuhi yakni:

  1. Membuat surat pengajuan diri menjadi prajurit yang ditujukan kepada Penghageng Kawedanan Keprajuritan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.
  2. Melampirkan surat rekomendasi dari pengurus bregada rakyat.
  3. Melampirkan SKCK terbaru (asli dan fotokopi).
  4. Melampirkan fotokopi ijazah pendidikan terakhir (minimal SMP/sederajat).
  5. Melampirkan fotokopi KTP.
  6. Melampirkan fotokopi Kartu Keluarga/C-1.
  7. Melampirkan surat keterangan sehat terbaru dari dokter atau puskesmas.
  8. Melampirkan nomor telepon yang dapat dihubungi.
  9. Melampirkan pas foto terbaru dengan latar belakang berwarna merah ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar; 3 x 4 sebanyak 4 lembar, dan 2 x 3 sebanyak 4 lembar.

Baca Juga: Ugal-Ugalan di Jalanan Sambil Bawa Sajam, 8 Pelajar di Kulonprogo Diamankan

Seluruh berkas pendaftaran dapat dikirimkan melalui surel keprajuritankratonjogja@gmail.com atau Whatsapp di nomor 089618557665 (a.n Nyi MB. Bondansari). Berkas juga dapat diserahkan langsung ke Tepas Keprajuritan yang berlokasi di Pracimosono, Kraton Yogyakarta, setiap hari (kecuali hari Senin) pukul 10.00-12.00 WIB.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Berminat Jadi Prajurit Kraton Jogja? Ini Syaratnya…

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya