SOLOPOS.COM - Ilustrasi indekos (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, SLEMAN—Kecamatan Depok, Ngaglik, dan Mlati merupakan wilayah di Sleman yang memiliki jumlah pendatang terbanyak.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman per 30 Juni 2014, jumlah penduduk di Sleman mencapai 1.062.801 jiwa.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Setiap bulan, pendatang di Sleman rata-rata mencapai 900 orang, sehingga dalam satu tahun setidaknya ada 10.800 orang pendatang.

Dari 17 kecamatan yang ada, Kecamatan Depok, Ngaglik, dan Mlati merupakan tiga wilayah dengan jumlah penduduk tertinggi. “Jumlah pendatang terbanyak juga di Depok, Ngaglik, Mlati,” kata Kepala Disdukcapil Sleman, Supardi, saat dikonfirmasi, Minggu (16/11/2014).

Ditemui terpisah, Camat Depok, Budiharjo mengungkapkan, pendatang didominasi kalangan mahasiswa dan pelajar. “Pekerja juga ada, tapi yang paling banyak tetap mahasiswa. Kami tidak bisa berikan jumlah pastinya karena tidak semua mengurus SKTS [Surat Keterangan Tinggal Sementara],” papar Budi, Jumat (14/11).

Terkait dengan heterogenitas warga, Budi berusaha mengoptimalkan kerukunan dan kebersamaan warga domisili dan pendatang melalui Forum Pembauran Bangsa Kecamatan Depok.

“Kami ingin ada wadah untuk pembauran antarwarga dengan latar belakang suku, agama, bahasa, dan status sosial yang berbeda,” ungkapnya.

Budi menambahkan, pihaknya juga memfasilitasi pertemuan antar komunitas pendatang, baik melalui forum silaturahmi warga maupun dengan kegiatan khusus yang melibatkan berbagai elemen masyarakat. “Misalnya kemarin dengan kemasan Festival Sabang-Merauke,” imbuhnya kemudian.

Meski demikian, Budi mengakui masih terjadi kejadian keributan dan permasalahan yang di luar prediksi. “Kadang hal sepelesaja bisa jadi alasan. Mungkin karena rasa solidaritas tinggi. Belum lagi kalau ada masalah di sana dibawa ke sini,” kata Budi.

Budi pun tidak menyangkal kalau ada sebagian warga yang belum bisa terbuka menerima pendatang. Sebab, warga khawatir akan terjadi masalah atau keributan.

“Sudah kita sampaikan pada tokoh masyarakat agar senantiasa menjaga ketentraman dan ketertiban. Kalau ada sesuatu, harus dikoordinasikan. Jangan sampai kekhawatiran itu jadi lebih besar,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya