SOLOPOS.COM - Ilustrasi penertiban kereta kelinci (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak dua kereta kelinci terjaring razia dalam Operasi Zebra yang digelar Polres Bantul di Jalan Niten, Desa Trirenggo, Kecamatan Bantul, Jumat (28/11/2014), seusai keluar dari objek wisata kolam renang Tirta Tamansari. Kereta kelinci itu mengangkut anak-anak yang berwisata ke kolam renang.

“Penumpang diturunkan dan dipindah ke bus,” ujar Kepala Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli Polres Bantul, Ipda Rizal Nugra Wijaya, kemarin.
Keberadaan kereta kelinci itu melanggar Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Darat karena hanya boleh beroperasi di area wisata. Kereta kelinci itu juga tidak mengantongi uji kir layaknya angkutan umum yang beroperasi di jalan raya.
Di sisi lain, kata Rizal, penggunaan kereta kelinci untuk angkutan umum di jalan raya tidak terjamin keamanannya.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

“Kondisinya terbuka tidak seperti angkutan umum yang tertutup. Kalau ada kecelakaan di jalan raya sangat rawan. Apalagi kereta ini banyak digunakan mengangkut anak-anak. Harusnya kereta seperti ini kan hanya ada di lokasi wisata,” paparnya.
Keberadaan kereta kelinci sebelumnya juga dikeluhkan Ketua Organisasi Pengusaha Nasional Angkutan Bermotor di Jalan (Organda) Bantul, Slamet Wijayanto. Pasalnya, kereta kelinci kerap mengambil rute angkutan penumpang terutama saat hari libur.
“Kalau sudah hari Minggu banyak sekali mengangkut penumpang ke objek wisata pantai di Bantul. Enggak cuma kereta kelinci dari Bantul, juga banyak yang datang dari Jawa Tengah seperti Klaten,” ucapnya.
Dalam operasi zebra yang digelar kemarin, polisi merazia sebanyak 30 sepeda motor. Razia digelar di perempatan Bejen, Trirenggo. Operasi zebra sejatinya telah digelar sejak Rabu (26/11/2014) lalu. Sampai Jumat sudah terjaring ratusan pengemudi sepeda motor termasuk pengemudi becak motor. Para pelanggar lalu lintas itu bakal disidang di Pengadilan Negeri (PN) Bantul. Operasi zebra digelar sampai 9 Desember mendatang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya