SOLOPOS.COM - Foto Bandara Adisutjipto JIBI/Bisnis Indonesia.Rahmatullah

Foto Bandara Adisutjipto
JIBI/Bisnis Indonesia.Rahmatullah

SLEMAN-Sejumlah pesawat yang akan mendarat di Bandara Adisutjipto terpaksa berputar karena aspal landasan pacu atau runway mengelupas.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak), Markas TNI AU Yogyakarta, Mayor Hamdi Londong mengatakan hal ini baru pertama kali terjadi di Bandara Adisutjipto, Sleman, Daerah Istimwa Yogyakarta (DIY).

Kerusakannya memang tergolong remeh hanya aspal mengelupas kedalaman antara antara 10 hingga 20 sentimeter perluasan tiga hingga lima meter.

Kendati demikian hal itu bisa berdampak fatal jika tetap dipaksakan bagi maskapai penerbangan komersial dengan volume pesawat besar.

Berbeda dengan pesawat militer, lanjutnya, dengan kondisi kerusakaan tersebut masih bisa melewati dengan mulus runway zeronine.

Karena pesawat militer tidak membutuhkan landasan pacu terlalu panjang seperti pesawat komersial. “Pesawat militer masih bisa karena tidak perlu landasan pacu yang panjang,” kata dia Kamis (11/4).

Pihaknya belum bisa memastikan penyebab kerusakan runway tersebut. Kendati demikian diprediksikannya karena faktor beban pesawat terlalu berat serta kondisi cuaca panas sehingga aspal mengelembung kemudian terkelupas.

“Penyebab belum tahu, yang jelas landasan di paling ujung zero nine, penyebab belum bisa jawab cuma kemungkinan karena faktor berat dan panas sehingga mengelupas. Persis séperti aspal kena bahan berat kemudian mengelembung,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya