SOLOPOS.COM - logo kulonprogo

logo kulonprogo

KULONPROGO—Pemerintah Kabupaten Kulonprogo berupaya menertibkan tata kelola administrasi pemerintahan desa.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa, Badan Pemberdayaan Desa Kulonprogo, Puji Hartono mengungkapkan, pihaknya berusaha memperbaiki tata kelola administrasi pemerintah desa, khususnya administrasi keuangan. Perbaikan tersebut salah satunya dengan cara mengintensifkan komunikasi dan konsultasi rutin untuk memudahkan pengawasan.

Menurut dia, persoalan tertib administrasi keuangan penting dilakukan karena pos keuangan rawan bocor. Tidak hanya itu, uang tersebut merupakan milik rakyat yang harus dipertanggungjawabkan.

Terkait kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para perangkat desa se-Kulonprogo, Puji mengatakan saat ini mereka berupaya untuk memperbaiki kualitas dengan cara melakukan tes akademik dalam penjaringan perangkat desa. Melalui tes tersebut, para calon perangkat desa harus menyelesaikan sekian petanyaan terkait pengetahuan umum dan tata pemerintahan.

“Tes tersebut merupakan otonomi desa. Pihak kecamatan dan kabupaten cuma mengawasi. Dalam tes itu juga dilakukan secara transparan, dikoreksi dan diumumkan pada semua peserta,” ujarnya kepada Harian Jogja, Rabu (16/5). (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya