SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pekan ini BKD akan menggelar rapat pleno terakhir bersama Pansel dengan Gubernur DIY.

Harianjogja.com, JOGJA – Delapan jabatan setara Eselon II yang kosong ditargetkan sudah terisi sebelum lebaran. Panitia Seleksi (Pansel) memastikan dalam waktu dekat mereka sudah bisa menentukan siapa saja pejabat yang lolos proses lelang jabatan.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY Agus Supriyanto Rabu (8/6/2016) menuturkan minggu ini mereka akan mengelar rapat pleno terakhir antara Pansel dengan Gubernur DIY. Selanjutnya Gubernur akan segera membuat Surat Keputusan sebagai dasar pengangkatan pejabat eselon II yang baru di lingkungan Pemda DIY.

“Setelah ada SK baru diadakan pelantikan,” kata dia.

Agus menuturkan selambatnya segera setelah lebaran kedelapan pejabat eselon II itu sudah bisa dilantik. Kedelapan pejabat itu akan mengisi posisi-posisi yang lowong di lingkungan Pemda DIY.

Kedelapan posisi itu adalah Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Kepala Dinas Komunikasi dan lnformatika, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Kepala Dinas Kesehatan. Selain itu lelang juga akan dilakukan untuk mengisi jabatan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah DIY, Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Sosial, Budaya dan Kemasyarakatan Eselon, Kepala Biro Administrasi Perekonomian dan Sumberdaya Alam Sekretariat Daerah. Serta Wakil Kepala Dinas Kebudayaan.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X membenarkan proses itu. Dia menuturkan saat ini dirinya tengah mengetes calon-calon pejabat yang akan mengisi posisi-posisi penting di kedinasan yang masih mengalami kelowongan pimpinan. Sultan pun menuturkan untuk tes ini dia menguji satu per satu calon yang akan dipromosikan.

Untuk proses tes itu, Sultan mengaku membutuhkan waktu empat hari dengan jadwal tes dua orang per hari. Dengan begitu dia bisa mengetahui langsung kualitas dan kapabilitas setiap calon pejabat.

“Kan saya yang mau makai, jadi saya sendiri yang ngetes. Minggu ini tesnya selesai,” kata dia.

Setelah seluruh proses untuk Eselon II ini usai, Sultan mengatakan baru pihaknya akan melakukan lelang jabatan untuk mengisi jabatan Sekretaris Daerah DIY. Posisi ini sejak 1 Juni lalu kosong setelah Ichsanuri pensiun sebagai PNS. Saat ini posisi Sekda diisi oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Energi dan Sumber Daya Mineral Rani Sjamsinarsi sebagai pelaksana tugas.

“Saya selesaikan yang eselon II dulu, baru yang itu,” tandas Sultan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya