SOLOPOS.COM - Ilustrasi putusnya hubungan kasih (lovepictures.us)

Kepala Desa Petir, Sarju menyebutkan dari data terbaru, sedikitnya sudah ada 13 orang yang terkena gangguan jiwa.

 
Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Sejumlah warga di Desa Petir, Kecamatan Rongkop diketahui mengalami gangguan jiwa yang disebabkan oleh sejumlah persoalan asmara.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Kepala Desa Petir, Sarju menyebutkan dari data terbaru, sedikitnya sudah ada 13 orang yang terkena gangguan jiwa. Empat orang di antaranya sudah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Grhasia, namun belum semuanya tertangani.

“Semoga dengan mendapatkan penanganan serius, bisa menyembuhkan mereka dan kembali pulang dalam kondisi sehat,” ujarnya, Selasa (9/2/2016).

Sesungguhnya, sambung Sarju, total sudah ada enam orang warga Petir yang dirawat di Rumah Sakit diakibatkan gangguan jiwa, banyak di antara mereka berusia produktif dan tidak memiliki riwayat keturunan gangguan jiwa.

Terpisah, Camat Rongkop, Asis Budiarto menyatakan Desa Petir menjadi wilayah terbanyak yang warganya mengalami gangguan jiwa. Dalam banyak kasus, kasus diawali dengan kepergian para pemuda keluar daerah dan pulang kembali ke Petir dalam kondisi jiwa terganggu.

“Berdasarkan informasi yang kami peroleh, hal itu terjadi karena faktor asmara,” terangnya.

Asis menambahkan, sejauh ini mereka yang mengalami gangguan jiwa, masih bisa dikendalikan. Karena selalu mengkonsumsi obat penenang, sehingga tidak membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

“Apabila masuk dalam pantauan kami, mereka kami beri kesibukan, kemudian sembuh dan kembali beraktivitas normal. Tapi kalau sudah parah, kami terpaksa membawa mereka ke tempat rehabilitasi atau RS Ghrasia,” imbuhnya.

Ia juga menerangkan, tidak semua penderita gangguan jiwa membahayakan bagi sekitar dan diri mereka sendiri. Selain itu, pihak Puskesmas bersama masyarakat juga saling membantu untuk menjalankan desa ramah jiwa di wilayah mereka masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya