SOLOPOS.COM - Panijem, penjual daging sapi di Pasar Beringharjo (Abdul Hamied Razak/JIBI/Harian Jogja).

Komoditas pangan kali ini mengenai harga daging sapi

Harianjogja.com, BANTUL — Meski pada awal bulan Ramadan kali ini harga daging sapi relatif stabil, diperkirakan menjelang hari Lebaran akan terjadi peningkatan harga.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Baca Juga : Waspada! Setiap Hari Daging Sapi Gelonggongan Masih Beredar

Ketua Persatuan Pengusaha Daging Sapi Segoroyoso (PPDSS), Ilham Ahmadi mejelaskan tren harga daging sapi saat bulan Ramadan sedikit berbeda dengan daging ayam. Menurut pengalaman pada tahun sebelumnya, harga daging sapi relatif stabil, bahkan cenderung mengalami penurunan pada pertengahan bulan Ramadan dan akan kembali naik beberapa hari menjelang Idul Fitri.

“Kenaikannya biasanya antara Rp5.000 sampai Rp15.000 per kilogram,” katanya, Minggu (28/5/2017).

Ilham menyebut kenaikan harga tersebut wajar sebab itu merupakan upaya peternak untuk menekan biaya produksi. Ia menjelaskan pada saat mendekati Idul Fitri, hanya daging saja yang laku di pasaran sedangkan jeroan dan tulang serta bagian sapi lainnya tidak begitu diminati konsumen. Sehingga peternak harus menambah biaya produksi untuk mengawetkan bagian-bagian sapi yang tidak terjual saat Idul Fitri.

“Jadi yang naik bukan harga dagingnya,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya