SOLOPOS.COM - Ilustrasi bantuan sosial. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, JOGJA — Sebagian masyarakat yang telah mendapatkan bantuan perlindungan sosial di DIY sebagai kompensasi atas kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi memilih menabungkan dana yang diterimanya.

Hal itu dikemukakan Deputi Jasa Keuangan Ritel dan Properti PT. Pos Indonesia (Persero) Regional VI wilayah Jateng-DIY Bambang S. Budi saat memberikan paparan tentang Program Keluarga Sejahtera, Jumat (21/11/2014).

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Budi mengemukakan sejak Pemerintah memberlakukan harga baru BBM bersubsidi pada Selasa (18/11/2014), pihaknya telah menyalurkan dana bantuan Simpanan Keluarga Sejahtera kepada sekitar 6.000 keluarga miskin dan rentan miskin di tujuh kelurahan di DIY.

Masing-masing keluarga, ujarnya, memperoleh bantuan dana senilai Rp400.000 untuk dua bulan, November dan Desember 2014. Artinya, tambahnya, telah lebih dari Rp2,4 miliar bantuan yang disalurkan.

Bantuan tersebut disalurkan oleh PT Pos Indonesia melalui mekanisme simpanan giro.

Namun demikian, ujarnya, dia melihat kecenderungan baru dalam proses pemberian bantuan perlindungan sosial yang dilakukan oleh pemerintah saat ini. Dengan mekanisme simpanan, lanjutnya, tidak semua masyarakat penerima bantuan iuran langsung mencairkan seluruh dananya.

“Sebagian mereka hanya mengambil seperlunya dan menyimpan sisanya dalam bentuk tabungan. Posisi saat ini, sekitar 20% yang ditabung,” ujarnya.

Persentase tersebut, ujarnya, kemungkinan akan berubah mengingat belum seluruh penerima bantuan terdata telah mendapatkan dana bantuan tersebut.

“Nanti, kalau seluruh penerima bantuan telah menerima bantuannya, persentase dana yang disimpan bisa berubah,” katanya.

Dia mengemukakan total rumah tangga yang terdata sebagai penerima bantuan mencapai 287.407 keluarga. Artinya, masih ada sekitar 281.000 keluarga yang belum mendapatkan dana bantuan.

Pihaknya akan menyalurkan sisa bantuan secara bertahap sesuai dengan masing-masing wilayah penerima bantuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya