SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO—Sebelum diluncurkan di Pantai Congot, Kecamatan Temon, puluhan muatan roket tim peserta Kompetisi Muatan Roket Indonesia (Komurindo) 2012 diuji coba di aula Kampus UNY Wates, Jumat (8/6).

Muatan berupa rangkaian elektronik berbentuk silinder yang lolos dalam uji fungsional tersebut akan diterbangkan atau diluncurkan dengan roket di Pantai Congot, Sabtu (9/6).

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Ketua Tim Teknis Roket Komurindo 2012, Atik Bintoro mengatakan, dari total peserta 40 tim dari 32 perguruan tinggi se-Indonesia, ada dua tim yang tidak datang mengikuti uji fungsional. Sehingga tinggal 38 tim yang mengikuti uji yang cukup meriah tersebut.

“Muatan roket yang lolos uji fungsional ini kemudian akan diletakkan ke dalam kendaraan roket. Selanjutnya besok diterbangkan di Pantai Congot untuk uji terbang muatan,” katanya.

Uji fungsional muatan itu, jelas Atik, merupakan simulasi fungsi muatan roket saat di udara tetapi diujikan di darat. Muatan roket diberi perlakuan getaran seperti saat roket mengudara, juga digantung dengan digoyangkan. Bila dalam uji ini muatan roket bisa berfungsi secara keseluruhan maka dinyatakan lolos.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya