SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Konflik Dosen ISI muncul ke publik saat Dosen Citra menggugat Dekan Fakultas Seni Pertunjukan

Harianjogja.com, JOGJA- Dosen Jurusan Etnomusikologi Fakultas Seni Pertunjukkan (FSP) Institut Seni Indonesia (ISI) Jogja Citra Aryandari menggugat kampus tempatnya bekerja.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Hal ini dilakukan karena ia menilai ada alasan yang tidak rasional dari pihak kampus, atas proses belajar mengajar yang ia lakukan di kampus.

“Ke pengadilan saja, daripada berkepanjangan. Menurut saya, ada kebebasan akademik yang harus diperjuangkan, kalau tidak diperjuangkan, saya kasihan dengan mahasiswa,” ungkapnya Rabu (13/4/2016).

Sedianya pada Rabu (20/4/2016) mendatang ia akan ke PTUN Jogja untuk memenuhi undangan pemeriksaan.

Citra Aryandari merupakan Dosen Jurusan Etnomusikologi FSP ISI Jogja yang menyatakan akan menggugat dekan FSP ISI ke PTUN. Perempuan yang mengajar di kampus tersebut sejak 2006 tersebut menuturkan, hak yang ia miliki sebagai dosen, pengajar dan mendampingi mahasiswa bimbingan tugas akhir serta sebagai dosen wali, telah dicabut oleh kampus bagi dirinya sejak 23 Januari 2016.

Hal tersebut terjadi pada dirinya karena ia dinilai sudah mengajarkan materi yang tidak sesuai dengan visi dan misi FSP ISI Jogja. Citra mengungkapkan dirinya mendapat perlakuan ini karena mengajarkan materi yang cenderung ke aliran postmodern, bukan tradisi.

Padahal ia mengajar Etnomusikologi. Menurut Citra, apa yang ia ajarkan adalah demi mengikuti standar internasional dan menambah pengetahuan bagi siswa. Selanjutnya dia mengungkapkan, persoalan keilmuan seharusnya dapat dibahas dalam diskusi, forum atau debat yang bersifat terbuka. Bukan malah dengan menghilangkan kesempatan ia mengajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya