SOLOPOS.COM - Konsumen membeli bahan bakar pertalite di SPBU Gumulan, Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, Jumat (14/8/2015). (Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/Solopos/dok)

Konsumsi BBM Jenis Pertalite di DIY mencapai 2 kilo liter per hari

Harianjogja.com, JOGJA–Konsumsi bahan bakar khusus (BBK) jenis pertalite di DIY mencapai 1,5 Kilo Liter (KL) hingga dua kilo liter (KL) setiap hari.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Marketing Branch Manager Pertamina Area DIY dan Surakarta Dody Prasetya mengungapkan, konsumsi pertalite di DIY sudah sesuai harapan. Jumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di DIY yang menjual pertalite semakin banyak.

“Jumlah SPBU yang sudah menjual pertalite sudah 32 persen,” ujar dia ketika ditemui di Gedung Pertamina DIY dan Surakarta, Jogja, Senin (21/12/2015).

Ia menjelaskan, ada 95 SPBU di wilayah DIY. Sebanyak 40 SPBU di DIY sudah menjual pertalite. Selama masa libur Natal dan tahun baru, Pertamina memperkirakan ada peningkatan konsumsi pertalite.

Peningkatan itu diperkirakan mencapai 17% saat musim liburan. Untuk itu, pertamina melakukan penguatan outlet yang menjual bahan bakar khusus agar tidak terjadi kekurangan bahan bakar pada musim liburan.

Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak Bumi dan Gas (Hiswana Migas) DIY Siswanto mengatakan potensi konsumsi pertalite di DIY sangat bagus. Sebagai operator di lapangan, Hiswana mendukung adanya pertalite untuk menambah pilihan bahan bakar. “Pertalite ini  diharapkan mampu mengurangi konsumsi premium yang merupakan bahan bakar bersubsidi,” ujar dia.

Siswanto mengungkapkan, untuk bisa berjualan pertalite, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Misalnya, menyiapkan tangki, dispenser, serta pipa. Setiap bulan, ditargetkan ada penambahan SPBU yang menjual pertalite.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya