SOLOPOS.COM - Ilustrasi surat suara (JIBI/Solopos/Dok.)

Harianjogja.com, JOGJA–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja menargetkan penyortiran dan pelipatan kertas suara selesai pada 20 Maret mendatang. Untuk itu, KPU terus menambah jumlah relawan pelipatan, dari awalnya hanya 50 orang kini bertambah menjadi 70 orang relawan.

“Akan terus kami evaluasi, dan kalau perlu kami akan menambah jumlah relawan supaya proses ini bisa selesai tepat waktu,” kata Komisioner KPU Divisi Logistik Hidayat Widodo, Jumat (7/3/2014).

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Berdasarkan data dari KPU Jumat (7/3/2014) hingga pukul 16.30 WIB, proses pelipatan sudah mencapai 280.000 surat suara. Dari jumlah tersebut, terdapat ratusan surat suara yang bermasalah. Antara lain karena, robek 14 lembar, ada noda titik mata ikan sebanyak 551 lembar, terlipat 57 lembar, atau pun nama caleg atau tulisan tidak tercetak dengan jelas sebanyak 15 lembar.

“Kalau yang rusak sobek tidak bisa digunakan, tapi untuk yang lain tetap kami lipat namun diletakkan secara terpisah. Kami juga optimistis pelipatan kertas suara DPR selesai besok (hari ini), karena waktu 5 hari cukup untuk menyelesaiakannya,” katanya kepada Harian Jogja, kemarin.

Menurut dia, saat ini masih menunggu surat edaran dari KPU pusat berkaitan dengan surat suara terkena noda tinta, ataupun yang terlibat. Guna mengurangi polemik, penyikapannya harus dipastikan dan menunggu keputusan dari KPU pusat.

“Ini kami kumpulkan secara terpisah, tapi kalau ada keputusan dari KPU kami tinggal melaksanakannya,” katanya.

Menurut dia, untuk memastikan pelipatan tepat waktu, selain berencana akan menambah jumlah relawan, pihaknya juga akan melakukan evaluasi terhadap kinerja petugas pelipatan. Dia berseloroh, apabila kinerja mereka kurang baik dan berpotensi menghambat penyelesaian maka tidak menutup kemungkinan akan digantikan relawan lainnya.

“Idealnya, seorang relawan itu minimal bisa melipat sekitar 500 kertas suara. Andaikata, dalam evaluasi ada pekerja yang tak mampu memenuhi target itu besar kemungkinan kan diganti dengan relawan lainnya,” ungkapnya.

Rata-rata setiap setiap harinya, seorang relawan bisa melipat hingga 1.250 lembar surat suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya