SOLOPOS.COM - Ilustrasi perumahan (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA–Seiring berkembangnya properti di Jogja, angka pertumbuhan kredit perumahan rakyat (KPR) semakin meningkat, terutama pembiayaan rumah tipe 70 ke atas.

Asisten Direktur Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPBI) DIY Djoko Raharto mengungkapkan saat ini tipe rumah yang pembiayaannya paling tinggi adalah rumah tipe 22 sampai tipe 70.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Pada awal 2012 pembiayaan rumah tipe tersebut mencapai Rp1,017 triliun, sedangkan awal 2013 ini telah mencapai Rp1,042 triliun.

Djoko mengatakan, wilayah Jogja skala kredit perumahan masih relatif kecil apabila dibandingkan dengan beberapa kota lainnya. “Perumahan yang dikembangkan relatif lebih kecil, sehingga pertumbuhan kredit tidak terlalu pesat,” katanya, Rabu (2/10/2013)

Saat ini, pengembang mulai membangun perumahan kelas premium. Tipe-tipe rumah di atas 70 mulai menjadi incaran masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan melonjaknya pembiayaan rumah tipe 70 ke atas yang didata oleh KPBI DIY.

Menurut dia, secara year on year (yoy), tipe 70 ke atas pembiayaan KPR Januari 2012 terhadap Januari 2013 mengalami lonjakan.

Pembiayaan KPR tipe 70 ke atas tercatat pada Juli 2013 telah mencapai Rp1,338 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya