SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Istimewa/Reuters)

Kriminal Sleman terjadi berupa pencurian di sebuah rumah makan

Harianjogja.com, SLEMAN- Terdesak untuk membayar utang, Sinung Teguh, karyawan rumah makan di Jalan Damai, Ngaglik nekat mencuri peralatan dapur. Warga Sukamiskin Bandung tersebut ditangkap jajaran unit Reskrim Polsek Ngaglik.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Sinung sendiri bekerja kurang lebih tiga bulan di rumah makan tersebut. Selama bekerja, dia juga mengamati kebiasaan dan barang-barang inventaris di tempatnya menyambung hidup. Karena terdesak kebutuhan hidup dan hutang yang menumpuk, Sinung pun gelap mata. Dia merencanakan untuk mencuri barang-barang rumah makan tersebut untuk dijual.

Aksi tersebut dilakukan pada 15 Februari lalu. Saat itu, Sinung mengambil mesin penggiling daging seharga Rp3 juta. Berasa kurang, dia juga mengembat mesin pencacah es senilai Rp2 juta. Tak hanya itu, uang Rp600.000 untuk belanja harian rumah makan tersebut pun ditilap. Tersangka pun kabur bersama sepeda motor matik yang menjadi inventaris rumah makan tersebut.

Menurutnya, baik mesin penggiling daging maupun pencacah es dijual tersangka di Pasar Klitikan. Saat itu, tersangka menjual kedua barang tersebut dengan harga murah. Masing-masing dijual Rp300.000.

“Jadi total dari penjualan dua mesin itu, tersangka mendapatkan hasil Rp600.000. Adapun motor inventaris rumah makan tersebut juga dijual seharga Rp12 juta,” kata Kapolsek Ngaglik Kompol Danang Kuntadi, Jumat (3/3/2017).

Akibatnya, lanjut Danang, rumah makan yang berlokasi di Dusun Prujakan, Sindoharjo tersebut mengalami kerugian hingga Rp17 juta. Tersangka, lanjutnya, dijerat dengan tindak pencurian dan penggelapan sebagaimana dimaksud dalam pasal 362 dan pasal 374 KUHP Pidana. “Ancaman hukuman paling lama lima tahun,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya