SOLOPOS.COM - Curanmor (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Kriminalitas Kulonprogo tahun ini naik hingga lima persen dibanding tahun lalu.

Harianjogja.com, KULONPROGO-Polres Kulonprogo mencatat adanya peningkatan sebesar 5,82 % pada angka kriminalitas tahun ini dibanding 2014 lalu. Di sisi lain, jumlah kasus kriminal yang berhasil diselesaikan justru turun sekitar 4,5 %.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Kapolres Kulonprogo, AKBP Yulianto mengungkapkan, 817 kasus kriminal terjadi sepanjang tahun ini atau meningkat 5,28 persen dibanding 2014 lalu yang mencapai 772 kasus. Namun, hanya 486 kasus yang mampu dituntaskan. Capaian tersebut turun sebayak 4,5 persen dibanding tahun sebelumnya yang tercatat menyelesaikan 509 kasus.

“Banyak faktor yang membuat capaian penyelesaian perkara tahun ini menurun,” kata Yulianto kepada wartawan, Rabu (30/12/2015).

Yulianto memaparkan, banyak perkara yang dianggap sulit sehingga upaya pembuktiannya relatif lama. Kondisi itu kebanyakan terjadi pada penanganan kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dan pencurian dengan pemberatan (curat). Kasus curat memang menyumbang cukup banyak pada peningkatan angka kriminalitas tahun ini. Jumlahnya mencapai 117 kasus atau naik 53,9 persen dibanding tahun lalu sebanyak 76 kasus. Begitu pula dengan curanmor yang naik 52,9 % dari 34 kasus menjadi 52 kasus. Selain butuh waktu penyelidikan lebih lama, Yulianto mengakui tidak semua kasus berhasil diungkap.

Hal berbeda terjadi pada perkara penipuan, penganiayaan, dan narkoba. Penanganan kasus relatif bisa lebih cepat.

“Tersangkanya jelas sehingga hampir tidak mengalami kendala berarti,” ujar Yulianto.

Jumlah kejadian kasus kriminal di Kulonprogo tahun 2015
Polsek Pengasih : 124 kasus
Polsek Kokap : 23 kasus
Polsek Temon : 89 kasus
Polsek Wates : 172 kasus
Polsek Panjatan : 61 kasus
Polsek Galur : 66 kasus
Polsek Lendah : 53 kasus
Polsek Sentolo : 123 kasus
Polsek Girimulyo : 14 kasus
Polsek Nanggulan : 44 kasus
Polsek Samigaluh : 13 kasus
Polsek Kalibawang : 35 kasus
Total : 817 kasus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya