SOLOPOS.COM - Kondisi bus rombongan wisatawan yang terprosok di Tanjakan Gemulang, Kapanewon Tepus, Gunungkidul pada Minggu (2/7/2023). - Istimewa.

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Bus rombongan wisatawan asal Kabupaten Sleman mengalami kecelakaan lalu lintas di Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (2/7/2023). Tujuh penumpang mengalami luka-luka dalam kecelakaan tersebut.

Bus berpelat nomor AB 7075 AS yang membawa 33 wisatawan itu tak kuat menanjak di tanjakan Gemulang, Jl. Pantai Krakal, Tepus. Bus rombongan wisatawan tersebut hendak berlibur ke Pantai Slili, Gunungkidul.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Kapolsek Tepus, Iptu Larso, mengatakan seluruh penumpang bus rombongan wisatawan tersebut telah dievakuasi dan mendapat perawatan medis di Puskesmas Tepus.

“Ada tujuh penumpang luka ringan akibat kecelakaan ini, lainnya selamat,” kata Larso.

Larso menyebut kecelakan itu terjadi pada Minggu pagi, pukul 09.30 WIB. Kecelakaan tunggal ini bermula saat bus melaju di Jl. Pantai Krakal. Setibanya di lokasi kejadian sopir hendak mengoper gigi perseneling, tetapi gagal. Akhirnya bus tidak kuat menanjak sehingga bus melaju mundur.

“Dikarenakan di belakang bus ada kendaraan lain, bus kemudian diarahkan ke kanan sehingga bus terguling ke kanan atau sebelah barat jalan,” jelas dia.

Saat banting setir ke sisi barat jalan, jelas Larso, bus terperosok ke lahan dengan kedalaman sekitar tiga meter.

“Bus itu tidak sampai menabrak kendaraan di belakangnya,” kata dia.

Tanjakan Gemulang, menurut Larso, kerap terjadi kecelakaan dengan kasus serupa yaitu kendaraan tak kuat menanjak.

“Sudah kami pasang rambu-rambu, tapi kebanyakan baru lewat sini pertama kali tidak tahu betul kalau tanjakannya cukup panjang jadi kaget,” katanya.

Larso mengimbau masyarakat yang hendak berlibur agar memastikan kendaraan dalam kondisi mumpuni.

“Pastikan kendaraan prima, tidak ada masalah. Lalu perhatikan setiap rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Kronologi Bus Pariwisata Terguling di Tanjakan Tepus Gunungkidul

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya