SOLOPOS.COM - Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia (tengah) saat meresmikan Kori Agung, Pura Vaikuntha Vyomantara, di Pura Vaikuntha Vyomantara Lanud Adisutjipto Jogja Rabu (6/8/2014). (Foto Istimewa)

Harianjogja.com, SLEMAN—Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, meresmikan Kori Agung, Pura Vaikuntha Vyomantara, di Lanud Adisutjipto Jogja, Rabu (6/8/2014).

Dengan kian sempurnanya bangunan pura, diharapkan menumbuhkan toleransi antarumat beragama.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kori Agung yakni bagian bangunan dalam pura yang merupakan pintu masuk serta batas wilayah antara jaba tengah (madya mandala) dengan jeroan (utama mandala). Melalui Kori Agung ini, umat dapat memasukinya satu persatu.

Tujuannya agar umat yang masuk ke dalam jeroan (utama mandala) adalah orang yang satu antara bayu (tenaganya), sabha (perkataannya), idep (pikirannya), dan bulat tertuju hanya untuk memuja Tuhan.

Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia mengatakan, dengan adanya pura yang terus dibangun mendekati sempurna, ia berharap agar umat Hindu di Lanud Adisutjipto  terus meningkatkan sradha-nya kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Dengan pembangunan Pura pula memberi manfaat positif bagi warga Lanud Adisutjipto khususnya Umat Hindu Lanud Adisutjipto. “Semoga dengan adanya pura ini, umat Hindu terus meningkatkan kegiatan keagamaan dan menciptakan toleransi antar umat beragama,” ungkap KSAU di Lanud Adisutjipto, Rabu (6/8/2014).

Danlanud Adisutjipto, Marsma TNI Agus Munandar menambahkan dengan selesainya pembangunan Kori Agung Pura Vaikuntha Vyomantara berarti tahap pembangunan Pura Di Lanud Adisutjipto ini sudah mendekati sempurna. Pura ini dibangun pada 2007 dengan berkali-kali dilakukan penyempurnaan.

“Pembangunan Pura ini berangkat dari suatu pemikiran untuk meningkatkan toleransi antar umat beragama yang sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila. Oleh Karenanya pimpinan TNI AU merealisasikan Pembangunan tempat ibadah atau tempat persembahyangan bagi umat Hindu,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya