SOLOPOS.COM - Ilustrasi festival kuliner (JIBI/Solopos/Antara/Agus Bebeng)

Kuliner Gunungkidul diproyeksikan akan berpusat di Desa Logandeng

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pemerintah Desa Logandeng, Kecamatan Playen berencana mengembangkan pusat kuliner di sepanjang jalan Jogja-Wonosari di wilayah itu. Pengembangan itu salah satunya untuk mendukung perkembangan sektor kepariwisataan di Gunungkidul.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Kepala Desa Logandeng Suhardi mengakui meski tidak memiliki potensi pariwisata, namun dari sisi lokasi, desanya masuk kawasan strategis. Letaknya berada di jalur Jogja-Wonosari yang tidak lain sebagai jalur utama masuk ke Gunungkidul.

“Letaknya sangat strategis, sehingga cocok untuk pengembangan kuliner. Adapun konsumen yang dibidik adalah pengunjung yang pulang dari lokasi wisata di Gunungkidul,” kata Suhardi kepada Harian Jogja, Senin (14/12/2015).

Dia menjelaskan, di wilayah Logandeng sudah banyak tempat kuliner yang terkenal mulai yang berskala waralaba atau yang masih dalam tarah tardisional. Beberapa pusat makanan itu seperti Soto Tan Proyek, Bakmi Godhok Mbah Noto atau beberapa rumah makan lainnya.

“Variasi masakan yang ditawarkan juga banyak sehingga bisa saling melengkapi,” ujarnya.

Proses menuju pusat kuliner ini, Suhardi berjanji akan membantu dalam pengurusan perizinan hingga pendirian bangunan untuk lebih dipermudah. Dia pun menyakini, keberadaan pusat makanan dan jajanan ini bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar.

“Saya akan bantu, tapi dengan catatan para pemilik mau menggunakan tenaga kerja di sini. Jadi kerja sama yang terjalin harus saling menguntungkan, baik itu dari pemilik atau pun masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya