SOLOPOS.COM - Padmi menyajikan sompil yang merupakan makanan khas Kecamatan Patuk. (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Kuliner Gunungkidul, makanan tradisional diperkenalkan.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Festival Sompil akan diselenggarakan di Kecamatan Patuk, Minggu (24/4/2016) mendatang. Kegiatan itu digelar sebagai pengganti festival durian yang batal terlaksana di tahun ini karena panen yang menurun drastis.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Camat Patuk Haryo Ambar Suwardi mengatakan, festival sompil merupakan festival makanan tradisional asli Patuk. Untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, pengunjung hanya butuh merogoh kocek Rp5.000.

Sebagai gantinya, warga yang datang akan mendapatkan seporsi sompil yang dicampur dengan kuah sayuran.

“Bagi masyarakat Patuk, sompil sudah familier. Tapi bagi masyarakat luar tentunya masih terasa asing dan bertanya-tanya apakah itu sompil? Jadi kami mencoba menggelar festival makanan ini,” kata Ambar kepada awak media, Rabu (13/4/2016).

Dia megakui penyelenggaraan Festival Sompil merupakan pengganti Festival Durian yang rutin digelar sejak 2013 lalu. dikarenakan panen yang menurun drastis, maka pesta durian batal digelar dan digantikan dengan festival makanan tradisional khas Patuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya