SOLOPOS.COM - Ilustrasi Embung (Dok/JIBI/Solopos)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan membangun tiga embung di kawasan Bukit Menoreh dalam upaya menciptakan lahan sawah baru dan pengairan pengembangan perkebunan buah pada 2015.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan embung tersebut rencananya dibangun yakni Embung Bogor dan Embung Blubuk di Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, dan Embung Kalibuko di Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

“Pembangunan embung memerlukan dana yang cukup besar sehingga perlu proses perencanaan yang cukup panjang karena menyangkut banyak kepentingan. Embung ini untuk memfungsikan kawasan Bukut Menoreh sebagai daerah resapan dan tangkapan air,” kata Hasto, Minggu (13/7/2014).

Hasto mengatakan pembangunan embung juga dalam rangka penyusutan lahan sawah di kawasan selatan yang digunakan untuk pembangunan seperti bandara. Diprediksikan, pada 2020 akan terjadi penyusutan lahan sawah seluas 350 hektare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya