SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok)

Kulonprogo akan menggelar Forum Bisnis sebagai upaya antisipasi broker

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pembangunan sejumlah mega proyek membuka jalan bagi para investor untuk mulai menanamkan modalnya di Kulonprogo.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Memfasilitasi informasi dan meminimalisasi gerak makelar investasi alias broker, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo menggelar One on One Business Meeting pada 5 Januari 2015 mendatang.

“Kami membuka informasi seluas-luasnya kepada para calon investor yang akan menanamkan modalnya,” ujar Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Kulonprogo Agung Kurniawan, baru-baru ini.

Agung mengatakan, acara tersebut adalah upaya untuk mempertemukan calon investor langsung kepada Bupati Kulonprogo. Upaya itu dilakukan sebagai tindak lanjut Pemkab memangkas gerak broker yang dianggap mengganggu iklim investasi di Kulonprogo.

“Sudah banyak kasus yang terjadi, beberapa investor mengaku telah mengeluarkan banyak uang agar mendapatkan perizinan atau bertemu langsung dengan Bupati,” ungkap Agung.

Rencana proyek-proyek besar yang akan segera direalisasikan di Kulonprogo, tak dipungkiri turut dimanfaatkan pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Agung mengungkapkan, apabila hal itu dibiarkan, maka dikhawatirkan akan mengancam aktifitas penanaman modal di kabupaten ini.

Dia juga menandaskan, apalagi saat ini peraturan daerah yang dimiliki Kulonprogo dapat menjadi jaminan bagi siapapun calon investor yang akan menanamkan modalnya.

“Kami sudah ada peraturan daerah tentang pemberian insentif dan kemudahan investasi. Pengurusan izin untuk menanamkan modal secara administrasi juga satu pintu dan gratis,” papar Agung.

Lebih lanjut Agung memaparkan, pertemuan awal Januari mendatang merupakan ruang para calon investor untuk bertemu langsung dengan bupati. Para calon investor dapat menyampaikan rencana penanaman modal, baik di kawasan mega proyek maupun di kawasan peruntukan industri di Kulonprogo.

Dalam acara tersebut, juga akan menghadirkan sejumlah pembicara. Di antaranya dari praktisi ekonomi, pelaku bisnis hingga Kamar Dagang dan Industri Daerah Istimewa Yogyakarta.
“Dalam forum itu 15 calon investor yang akan menindaklanjuti rencana investasinya juga dapat langsung bertemu bupati untuk membahasnya lebih lanjut,” imbuh Agung.

Seperti diberitakan sebelumnya ada sekitar 15 perusahaan yang siap menanamkan modalnya di berbagai sektor di Kulonprogo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya