SOLOPOS.COM - Kelompok tari Artha Dance Company menyuguhkan kesenian tari edan-edanan dalam pawai pembukaan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) XXIX "Umbyar Mak Byarr!" yang berlangsung di sepanjang jalan Malioboro, Yogyakarta, Kamis (27/07/2017). (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Jika dilihat dari konsep acaranya, Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-29 tahun ini terkesan lebih segar

Harianjogja.com, JOGJA- Jika dilihat dari konsep acaranya, Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke-29 tahun ini terkesan lebih segar. Salah satu buktinya adalah keterlibatan sejumlah seniman muda sebagai kurator.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Ketua FKY ke-29 Roby Setiawan menjelaskan, seni tari pada tahun lalu dikurasi oleh Bambang Paningron, kali ini bergeser pada sosok penari muda Sekar Kinanti. Untuk bidang seni teater, pihaknya menggandeng aktor muda yang namanya melejit dalam film Siti, Ibnu Gundul.

Di bidang seni musik, pihaknya mempercayakan posisi kurator pada musisi muda Leilani Hermiasih Suyenaga yang mempunyai nama panggung Frau. Kurator pasar seni ada Satya Bramantya. Sementara untuk seni rupa, ia mempercayakan pada Rain Rasidi yang kali ini masih didampingi oleh kurator senior Hendra Priyadhani.

“Satu-satunya bidang yang dikurasi oleh kurator senior adalah sastra, yakni oleh Gunawan Maryanto, dan Joko Pinurbo,” kata pria yang juga merupakan gitaris dari grup band Festivalist itu, di sela pembukaan FKY ke-29, Kamis (27/7/2017).

Seperti diberitakan, sejumlah kegiatan FKY yang digelar sampai 13 Agustus di Planet Pyramid adalah pasar seni FKY, wayang kulit, panggung senyap, pameran perupa muda, diskusi seni.

Ada juga beberapa kegiatan digelar di lokasi lain seperti teater FKY di Auditorium Kampus ISI, Panggung Mak Byar di Pendopo Ndalem Pugeran Brontokusuman, dan lokakarya FKY di gelar di Lapas Narkotika Pakem, Lapas Wirogunan, Pesantren Wahid Hasyim, dan Kodim 0734.

Bahkan penampilan FKY kali ini tidak hanya melibatkan seniman di DIY, namun juga mancanegara. Beberapa pertunjukan dari seniman luar negeri yang dipastikan datang dalam FKY ini adalah Jennifer Rose dari Amerika Serikat yang akan menampilkan tari dan musik, grup musik elektroni asal Prancis Samifati, Kelompok Gamelan Siswo Sukro asal London.
Selain itu akan ada pertunjukan teater yang berlangsung selama empat jam, serta wayang kulit dengan dalang muda berprestasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya