SOLOPOS.COM - Ilustrasi kurikulum 2013 (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Kurikulum 2013 dihentikan namun ada 206 sekolah di Gunungkidul yang tetap menggunakannya

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Sebanyak 206 sekolah di Gunungkidul akan tetap menggunakan Kurikulum 2013. Rinciannya, 109 sekolah dasar, 52 sekolah menengah pertama, 19 sekolah menengah atas, dan 26 sekolah menengah kejuruan.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melakukan proses verifikasi terhadap sekolah yang memutuskan melanjutkan Kurikulum 2013. Langkah itu diambil untuk melihat kesiapan sekolah dalam menerapkan kurikulum.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul Bahron Rasyid mengatakan, berdasarkan Surat Edaran No179342/MPK/KR/2014 tentang Pelaksanaan Kurikulum 2013, sekolah diberikan kebebasan untuk memilih model belajar yang diterapkan. Namun, sesuai surat edaran itu, sekolah yang telah mengunakan selama tiga semester diwajibkan untuk meneruskan.

“Kami masih mendata. Hingga saat ini ada sekitar 206 sekolah yang memutuskan untuk terus menggunakan Kurikulum 2013,” kata Bahron , Kamis (25/12/2014).

Dia menjelakan, meski sekolah diberikan kebebasan, namun tidak bisa serta merta terus menerapkan kurikulum baru itu. Sebab, Pemerintah Pusat akan melakukan verifikasi terhadap sekolah-sekolah itu.

“Akan dicek dulu kesiapannya agar dapat melanjutkan penggunaan kurikulum tersebut,” papar mantan Kepala Bidang Pendidikan Menengah itu.

Bahron menilai Kurikulum 2013 merupakan metode pembelajaran yang paling baik. Hanya saja, dia mengakui dalam penerapan masih dibutuhkan beberapa evaluasi. Sebab, setiap ada penerapan kurikulum baru pasti ada kendala di lapangan, mulai dari kesiapan guru maupun fasilitas yang ada.

“Masalah klasik itu pasti muncul, sebab semua sudah merasa nyaman dengan kurikulum yang ada. Jadi, saat kurikulum baru diterapkan harus menyesuaikan,” ulas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya