SOLOPOS.COM - Mbah Asih (kanan) menerima uba rampe Labuhan Merapi di Pendapa Kecamatan Cangkringan, Kamis (27/4/2017). (JIBI/Harian Jogja/Sekar Langit Nariswari)

Uba rampe yang diterima juru kunci Gunung Merapi, Mbah Asih, ini disemayamkan semalam sebelum dilabuh

Harianjogja.com, SLEMAN—Uba rampe guna prosesi Labuhan Dalem Merapi 2017 telah diserahkan ke Pendapa Kecamatan Cangkringan, Kamis (26/4/2017). Uba rampe yang diterima juru kunci Gunung Merapi, Mbah Asih, ini disemayamkan semalam sebelum dilabuh.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Baca juga : Labuhan Merapi di Bawa ke Pos 1 Srimanganti

Uba rampe tersebut sebelumnya diarak abdi dalem dari Pendapa Kecamatan Cangkringan dan diserahkan kepada Camat Cangkringan. Setelah itu, diserahkan kembali kepada Mbah Asih atau Mas Kliwon Surakhasohargo untuk dibawa ke Kinarejo.

“Labuhan sekarang ini memohon kepada Tuhan agar wilayah Merapi dan sekitarnya bisa tenteram ayem dan selalu damai, tidak ada gejolak apapun, “ ujar Mbah Asih di Pendapa Kecamatan Cangkringan, Kamis.

Labuhan tahun ini merupakan labuhan alit dan tahapannya sama dengan tahun sebelumnya tanpa perubahan apapun. Setelah itu, akan dilakukan doa bersama tepat pada tengah malam pergantian hari setelah sebelumnya acara kenduri dan hiburan wayang kulit digelar. Mbah Asih mengatakan doa juga akan dikirimkan kepada leluhur agar tenteram di alam baka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya