SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Lalu lintas Jogja akan macet pada lebaran mendatang, sehingga sejumlah ruas jalan akan diterapkan buka tutup

Harianjogja.com, JOGJA- Pada libur lebaran mendatang, Jogja diperkirakan macet. Guna mengurangi kemacetan, sejumlah ruas jalan akan diberlakukan buka tutup.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) DIY, Sigit Haryanta mengungkapkan Dishubkominfo dan Kepolisian sudah mempersiapkan untuk menerapkan sistem buka tutup, seperti di kawasan Malioboro, Titik Nol Kilometer Jogja, Simpang Empat Ngabean dan Simpang Empat Wirobrajan, Simpang Pingit, dan kawasan Tugu Jogja.

Sinyal lampu lalu lintas, juga akan diatur kembali. Pengaturan dintegrasikan melalui kamera pengawas (CCTV). “Jika sudah terlihat padat dari pantauan CCTV maka sinyal apil bisa tidak difungsikan, petugas langsung melakukan pengaturan untuk mengurai kendaraan,” papar Sigit, Jumat (3/4/2015).

Menurut Sigit, saat libur lebaran akan terjadi peningkatan volume kendaraan yang masuk ke wilayah DIY. Maka, kepadatan kendaraan tidak bisa dihindari. Diakuinya, memperbanyak tempat parkir bukan solusi menghindari kepadatan lalu lintas, karena kondisi jalan di DIY sempit. “Solusi sementara yang bisa dilakukan adalah buka tutup jalan,” ujarnya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Jogja, Kompol Sugiyanta mengatakan sudah ada 50 personel dari tim khusus urai lalu lintas yang akan diterjunkan untuk memperlancar arus lalu lintas mulai H-7 lebaran. Tim tersebut dibekali dengan kendaraan motor trail agar bisa masuk ke titik kemacetan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya