SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Lalu lintas Jogja di kawasan Gemboraloka Zoo terganggu parkir pengunjung objek wisata tersebut

Harianjogja.com, JOGJA- Manager Human Resource Development (HRD) Gembiraloka Zoo, Josep Kurniawan mengaku kewalahan menyediakan lahan parkir pengunjung yang tiap tahun membeludak.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Pihaknya sudah menyediakan lahan parkir di depan pintu masuk Gembiraloka Zoo. Bahkan, tahun kemarin, sudah menambah lahan parkir seluas 7.000 meter persegi di Jalan Veteran. Lahan parkir tersebut menampung 200 kendaraan roda dua, 100 bus, dan sekitar 200 kendaraan roda empat.

Josep mengaku Gembiraloka Zoo selalu berupaya mencari lokasi parkir untuk pengunjung, namun terkendala dengan ketersediaan lahan. “Lahan kosong sudah tidak ada,” ujarnya, melalui sambungan telepon.

Menurut dia, semestinya Pemerintah Kota Jogja mencarikan alternatif lokasi parkir karena banyaknya pengunjung wisata kebun binatang satu-satunya di Jogja itu juga menguntungkan pemerintah. Selain itu, pihaknya juga rutin menyetor untuk pendapatan aseli daerah (PAD) Kota Jogja, tiap tahun.

Mantan Manager Marketing ini menambahkan lahan parkir yang dikelola Gembiraloka dan bekerjasama dengan tiga pengelola parkir hanya di Jalana Veteran, dan parkir di depan pintu masuk Gembiraloka. “Yang lainnya dikelola warga sekitar,” ujar Josep.

Pelaksana Tugas Manager Marketing Gembiraloka Zoo, Agnes Armi Indaryati mengungkapkan tiap tahun selalu ada peningkatan pengunjung. Tahun lalu, pengunjung Gembiraloka mencapai 1.826.312 orang. Jumlah tersebut meningkat dibanding 2014 lalu yang mencapai 1.796.930 orang.

Sejauh ini, kata dia, wahana wisata yang menjadi andalannya adalah gajah tunggang, kereta keliling, dan kapal katamaran. Pihaknya terus berupaya menambah wahana baru dan koleksi satwa baru untuk menarik minat pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya