SOLOPOS.COM - Suasana Lapangan Trirenggo Bantul, Selasa (15/5) (JIBI/Harian Jogjka/Dinda Leo Listy)

Suasana Lapangan Trirenggo Bantul, Selasa (15/5) (JIBI/Harian Jogjka/Dinda Leo Listy)

BANTUL—Bukan hanya warung internet (warnet) dengan bilik tertutup yang menjadi tempat favorit bagi pasangan di luar nikah untuk berbuat mesum.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Lapangan Trirenggo yang berhadapan langsung dengan rumah dinas Bupati Bantul ternyata juga jadi salah satu tempat alternatif mereka.

Namun, sejak ditambah tiga lampu penerang di sisi selatan dan barat lapangan serta giatnya patroli rutin dari Polsek Bantul, praktik mesum di ruang publik itu diyakini sudah berkurang banyak.

“Belum ada satu tahun tiga lampu itu dipasang,” kata Zaenal Abidin, 37, pedagang rujak es krim yang biasa mangkal di sisi timur lapangan Trirenggo, Selasa (15/5) siang.

Zaenal menuturkan, sebelum tiga lampu itu dipasang, warga sekitar lapangan Trirenggo kerap memergoki pasangan, yang umumnya masih usia pelajar, berduaan di tepi selatan dan barat lapangan.

“Dulu, yang terkenal  untuk mesum itu Lapangan Paseban. Terus pindah ke sini [Lapangan Trirenggo]. Sekarang nggak tahu pada pindah ke mana,” ujar warga Dusun Nogosari, Trirenggo, Bantul itu saat berbincang dengan Harian Jogja.

Nadhir, 27, yang juga warga Dusun Nogosari menambahkan, penambahan tiga lampu itu belum sepenuhnya menjamin lapangan Trirenggo dari praktik mesum. Sebab, bangku dan kursi milik para pedagang kaki lima yang ditinggal di sisi timur lapangan terkadang masih berpindah tempat pada keesokan harinya.

Dikonfirmasi Harian Jogja, Kapolsek Bantul Kompol Sudarsono membenarkan jika anggotanya rutin melakukan patroli di seputar lapangan Trirenggo, terutama tiap malam hari. “Patroli itu sifatnya menyeluruh dan dilakukan rutin pada jam-jam rawan,” terang Sudarsono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya