SOLOPOS.COM - Djanbi berdiri di sisi kiri, yang paling kanan, ayah Ibu Ani Yudhoyono, Almarhum LetJen Sarwo Edhie Wibowo. (Wikipedia)

Djanbi berdiri di sisi kiri, yang paling kanan, ayah Ibu Ani Yudhoyono, Almarhum LetJen Sarwo Edhie Wibowo. (Wikipedia)

JOGJA—Sebagai seorang tentara Belanda sejati, Rokus Bernardus Visser alias Idjon Djanbi ternyata malah jatuh hati kepada Indonesia. Saking cintanya, ia memilih menjadi warga sipil di Indonesia dan meminta isteri dan anak-anaknya menyusul ke Indonesia.
Sayangnya permintaan itu ditolak. Sang isteri (warga negara  Inggris) dan keempat anaknya memilih tinggal di Eropa apalagi kondisi di Indonesia saat itu tidak kondusif. Visser pun akhirnya memilih bercerai dan berpisah dengan keluarganya dan memutuskan menetap di Indonesia.
Keputusan Visser sebetulnya sangat berisiko karena walaupun dia bukan termasuk pasukan baret hijau belanda yang dikenal sangat kejam (Visser sendiri berbaret merah), tapi tidak ada yang bisa meramalkan bagaimana keamanan seorang mantan perwira penjajah di negara jajahanya yang baru saja merdeka.
Namun Visser yang saat itu berpangkat Kapten tidak terlalu khawatir dengan masa depannya. Ia justru makin mantap tinggal di Indonesia.
Ia pun  pindah ke Bandung, bertani bunga di Pacet, Lembang, memeluk agama Islam dan menikahi kekasihnya, seorang perempuan Sunda. Dari pernikahan itu ia secara resmi mengubah namanya menjadi Mochammad Idjon Djanbi.Nama inilah yang dikemudian hari banyak memberikan kontribusi pada Tentara Nasional Indonesia.
Pengalamannya sebagai anggota pasukan komando pada Perang Dunia II telah menarik perhatian Kolonel A.E. Kawilarang untuk membantu merintis pasukan komando. Idjon Djanbi kemudian aktif di TNI dengan pangkat Mayor. Idjon segera melatih kader perwira dan bintara untuk menyusun pasukan.
Kemudian pada tanggal 16 April 1952 dibentuklah pasukan istimewa tadi dengan nama Kesatuan Komando Teritorium Tentara III/Siliwangi (Kesko TT. III/Siliwangi) dengan Mayor Infanteri Mochammad Idjon Djanbi sebagai komandannya.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya