SOLOPOS.COM - Ilustrasi layanan BPJS Kesehatan (Rachman/JIBI/Bisnis)

RSUD Wates akan dijadikan percontohan bagi pengembangan dan pengelolaan rumah sakit di Magelang.

 

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Harianjogja.com, WATES- RSUD Wates akan dijadikan percontohan bagi pengembangan dan pengelolaan rumah sakit di Magelang. Hal ini diungkapkan dalam kunjungan kerja yang dilakukan oleh anggota DPRD Kabupaten Magelang ke Kulonprogo pada Jumat(4/3/2016).

Ketua DPRD Magelang, Sarean Adi Yanto mengungkapkan bahwa hal tersebut terkait dengan niatan pemerintaha kabupaten (pemkab) Magelang membangun rumah sakit umum daerah(RSUD) untuk memperluas layanan kesehatan. Kulonprogo dipilih karena prestasi RSUD Wates yang memiliki kualitas pelayanan yang terjamin.

“Apalagi RSUD Wates menduduki peringkat 11 tingkat nasional,”ujarnya. Ia mengungkapkan bahwa kedatangan ini dimaksudkan untuk mempelajari pengembangan dan pengelolaan rumah sakit tersebut. Diharapkan pemkab Magelang akan mampu membangun rumah sakit dengan kualitas yang serupa. Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat dari dekat dan mendapatkan gambaran konkret rumah sakit tersebut.

Ia menguraikan bahwa saat ini pemkab Magelang telah memiliki RSUD Muntilan, hanya saja lahan yang ada di kawasan rumah sakit tersebut tidak bisa dikembangkan secara optimal. Karena itu, diputuskan bahwa akan dibangun rumah sakit lainnya di lokasi yang berbeda. Dengan wilayah yang lebih luas, rumah sakit yang baru ini diharapkan akan memberi pelayanan yang jauh lebih maksimal bagi masyarakat.

Sarean menjelaskan bahwa pemkab Magelang telah mengalokasikan dana sejumlah Rp60miliar untuk pembangunan rumah sakit tersebut pada tahun 2016 ini. Sedangkan untuk tahun mendatang direncanakan akan diberikan tambahan dana sebesar Rp90miliar. “Tahun depan ditargetkan sudah bisa beropereasi,”ujarnya.

Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Kulonprogo Akhid Nuryati menyatakan bahwa pelayanan RSUD Wates memang terus berusaha untuk ditingkatkan. Selain itu, pengembangan juga dilakukan dari sisi infrastruktur dan sumber daya manusia(SDM) yang ada di dalamnya.

“Meski DPRD tidak terlibat langsung, kami selalu mendorong peningkatan kualitasnya,”ujar Akhid. Ia menjelaskan bahwa RSUD Wates memang semakin ditingkatkan khususnya bagi pelayanan kepada masyarakat miskin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya