SOLOPOS.COM - JIBI/Harian Jogja/Ujang Hasanudin Ilustrasi

JIBI/Harian Jogja/Ujang Hasanudin
Ilustrasi

Harianjogja.com, SLEMAN- Para penjual kulit ketupat di Sleman untung besar. Sejak Senin(5/8/2013) penjual kulit ketupat ini mulai nampak menjajakan dagangannya. Di beberapa ruas jalan protokol perkotaan di Sleman.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Salah satu penjual, Setyono mengaku berjualan kulit ketupat sejak Senin lalu. Keuntungan berjualan kulit ketupat ini cukup besar.

“Kalau omzet sehari berjualan saja bisa mencapai Rp2,5 juta. Tapi ini kan hanya musiman,” jelas Setyono di depan Pasar Gowok, Jalan Kaliurang, Rabu (7/8/2013).

Setyono mengaku satu pelepah janur ini dapat menghasilkan sekitar seribu helai janur atau setara dengan 1.000 kulit ketupat.

Biasanya dia menjual kulit ketupat dengan sistem ikat, berisi sepuluh ketupat. Satu ikat ketupat ini dihargai Rp5.000.

“Kalau bicara keuntungan, kami bisa mendapatkan antara Rp400 sampai 500 ribu. Namun ini jadi rejeki setahun sekali, lumayan untuk beli baju baru,” jelas Setyono.

Pedagang kulit ketupat lain, Painah mengaku tidak hanya menjual kulit ketupat saja pada lebaran kali ini. Dia mengaku juga menjual ketupat seusai salat Ied besok.

“Sekarang masih menjual kulit ketupat saja. Tapi biasanya memang ada sisa, makanya saya berencana membuat ketupat untuk dijual setelah salat Ied besok. Lumayan, kalau masih bisa laku buat tambah-tambah beli mainan cucu,” kata Painah.

Painah mengaku, saat ini sudah mendapatkan pesanan pembuatan ketupat. “Kalau tetangga sudah pada pesan untuk dibuatkan ketupat lebaran. Pesanan dah ada 100 ketupat,” jelasnya sambil tersenyum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya