SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Bisnis)

JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia
Ilustrasi

Harian Jogja.com, JOGJA – Seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Jogja tidak diperbolehkan menerima parsel atau pemberian dalam bentuk apapun menjelang Lebaran dan aturan tersebut akan ditetapkan dalam Surat Edaran Walikota Jogja.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

“Seluruh pegawai tidak diperbolehkan menerima dan memberi parsel atau jenis bingkisan lainnya karena itu bisa dikategorikan sebagai gratifikasi,” kata Walikota Jogja, Haryadi Suyuti, Senin (22/7/2013).

Seharusnya, lanjut Haryadi, Pemerintah Kota Jogja tidak perlu membuat surat edaran setiap tahun mengenai larangan pemberian atau penerimaan parsel menjelang Lebaran karena hal tersebut sudah melekat pada sumpah jabatan yang diucapkan sebelum menjadi pegawai.

“Sumpah jabatan itu yang menjadi pegangan setiap pegawai dalam menjalankan tugasnya. Seluruh pegawai harus menjaga sumpah jabatan yang telah mereka ucapkan,” katanya.

Ia menegaskan, aturan tersebut tidak hanya berlaku menjelang Lebaran atau hari besar lainnya, tetapi berlaku setiap hari di sepanjang tahun.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Kota Jogja Chang Wendryanto mengatakan, mendukung langkah pemerintah daerah untuk menerbitkan surat edaran mengenai larangan pemberian parsel atau bingkisan dalam bentuk apapun menjelang Lebaran.

“Pemberian dari orang lain yang diterima pegawai merupakan bentuk gratifikasi,” katanya.

Pemerintah Kota Jogja lanjut dia, perlu mengatur secara tegas larangan tersebut termasuk sanksi yang akan diberikan kepada pegawai yang menyalahi ketentuan tersebut.

“Jika sudah ada aturan, maka pemerintah pun seharusnya bisa bertindak tegas untuk menegakkan aturan tersebut,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya