SOLOPOS.COM - Foto Pemudik Sepeda Motor JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Foto Pemudik Sepeda Motor
JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Harianjogja.com, JOGJA—Sampai dengan H-6 Lebaran (kemarin) lonjakan arus mudik belum terjadi di Jogja. Volume kendaraan terpantau masih normal.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Direktur Ditlantas Polda DIY Kombes Pol Bambang Pristiwanto mengungkapkan berdasarkan pantauan CCTV belum terjadi lonjakan volume kendaraan. Pemudik baik sepeda motor maupun mobil pribadi belum terlihat memasuki DIY.

“Semalam baru ada sekitar 20-an bus malam yang datang di Terminal Giwangan. Mereka mudik bareng, sudah diterima langsung Walikota dan sudah menuju daerah masing-masing. Kalau arus mudik masih normal, belum ada peningkatan volume secara signifikan,” ucap dia kepada Harianjogja.com Jumat (2/8/2013).

Lebih lanjut Bambang memperkirakan pemudik baru akan memasuki Jogja, hari ini Sabtu (3/8/2013). Sebab diperkirakan pemudik baru berangkat dari daerah masing-masing Jumat malam. Hal ini sehubungan dengan hari terakhir kerja yang memang baru jatuh Jumat ini.

“Mobil pribadi dan barang itu ada laporan 3 Agustus akan masuk Jogja,” ungkap dia.

Sampai saat ini, petugas juga belum menerima laporan adanya kecelakaan lalu lintas maupun tindakan kejahatan yang terjadi. Hanya saja berkaca pada mudik sebelumnya kecelakaan lalu lintas memang mengalami peningkatan. Bambang pun menghimbau semua pemudik untuk selalu mawas diri dan waspada disetiap jalan yang dilewati.

“Kami juga menghimbau pemudik sabar ketika melewati jalan-jalan di Jogja. Jogja sekarang padat, jadi ya harus sabar kalau memang ada antrian. Kami mencoba semaksimal mungkin agar tidak terjadi kemacetan,” terang Bambang.

Staf Humas Polresta Jogja, Hendra P juga mengungkapkan pada hari pertama operasi belum ada laporan kecelakaan lalu lintas maupun tindak kejahatan yang masuk. Hanya saja untuk tindak kejahatan di jalanan, pemudik setidaknya harus mengantisipasi jalanan sepi.

Jalan sepi ini umumnya jalan-jalan alternatif yang nantinya digunakan saat jalan-jalan utama padat. Namun untuk mengantisipasi kondisi jalan alternative juga sudah disiapkan pos-pos dan juga petugas keamanan.

“Selain di jalan pemudik juga harus berhati-hati di tempat wisata maupun pasar yang terkadang memang rawan pencopetan, dll,” ungkap dia.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Jogja Widorisnomo juga menyatakan arus mudik masih terpantau normal. Berdasrkan pantauan CCTV diempat simpang yaitu Wirobrajan, Badran, Kantor Pos, dan Gondomanan belum terlihat peningkatan volume kendaraan. Kepadatan lalu lintas di Jogja masih seperti hari biasa. Di terminal Giwangan juga belum terlihat lonjakan penumpang.

“Kalau penumpang kereta api sudah mulai berdatangan, besok sepeda motor, dan bus besoknya lagi. Minggu kemungkinan sudah terlihat peningkatan colume kendaraan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya