SOLOPOS.COM - Parkir di Jalan Malioboro (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Lebaran 2015 nanti, ribuan bus akan masuk Jogja. Pemkot masih kewalahan menyediakan lokasi parkir

Harianjogja.com, JOGJA-Pemkot Jogja mengaku kewalahan setelah memprediksi sekitar 1.000 bus akan masuk dan parkir saat liburan Idul Fitri mendatang. Pasalnya, lahan parkir  di kantong-kantong parkir dan terminal hanya mampu menampung 60% kendaraan.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Walikota Jogja Haryadi Suyuti mengaku belum menemukan solusi terkait persoalan tersebut. “Kami akan berkoordinasi dengan dengan Pemda DIY dan polisi yang menggelar operasi ketupat,” ungkapnya, Rabu (17/6/2015).

Ia menyebutkan kantong parkir yang dimiliki Pemkot hanya dapat menampung 82 bus, 465 mobil, dan 550 motor. Arealnya, meliputi Taman Parkir Ngabean, Ngampilan, Jalan Panembahan Senopati, dan Abubakar Ali. Ia tidak menampik, masih terdapat kantong parkir yang dikelola swasta dengan kapasitas beragam yang tidak didata Pemkot.

Terkait kantong parkir di Jalan Malioboro, terang Haryadi, ada kemungkinan memanfaatkan lahan pribadi milik warga. “Namun mekanismenya belum kami tentukan,” tutur dia.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jogja Wirawan Hario Yudo mengatakan akan berkoordinasi dengan Pemda DIY supaya dapat mengoptimalkan keberadaan Trans Jogja. “Diharapkan wisatawan dapat menggunakan angkutan umum,” imbuhnya.

Plt Kepala UPT Terminal Giwangan Nugroho menyebutkan kapasitas parkir statis di terminal sebanyak 68 unit bus AKAP dan AKDP, 11 bus perkotaan, 70 taksi, 240 sepeda motor, dan 125 mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya