SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Lebaran 2015 dimaknai pedagang pasar tradisional dengan kebersamaan keluarga.

Bisnis.com, BANTUL – Budaya silaturahmi yang kental mendorong pedagang pasar di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Bantul memilih untuk libur pada hari pertama Lebaran.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Salah satu penjaga pasar Bantul Mudi mengatakan jika banyak pedangan yang memilih untuk libur. Padahal biasanya pada hari pertama, mereka hanya tutup hingga siang saja. Namun tahun ini mereka memilih tidak beraktivitas sama sekali.

“Banyak yang memilih untuk libur total sehari ini. Besok mungkin sudah pada beraktivitas normal lagi. Tahun lalu malah masih banyak yang jualan, meskipun yang jaga toko orang lain,” kata Mudi di Pasar Bantul, Jumat (17/7/2015).

Mudi menambahkan untuk malam hari kemungkinan pedagang masih ada berjualan. Karena kebanyakan malam hari yang berjualan adalah mereka yang menjajakan pakaian.

“Mungkin kalau yang malam masih bakal buka. Di sini memang tidak hanya dipenuhi penjual sayuran tapi juga pakaian. Kalau pakaian memang lebih banyak malam hari,” kata Mudi.

Di sisi lain, Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Bantul Slamet Santosa mengatakan jika menyiapkan lokasi khusus untuk pedagang musiman yang berjualan di depan Pasar Bantul. Meskipun nampak sudah sepi, namun pedagang musiman ini, khususnya pakaian masih buka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya