SOLOPOS.COM - Pantauan RTMC (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Lebaran 2017, untuk memantau arus mudik dan balik, Dishub memasang CCTV

Harianjogja.com, SLEMAN — Dinas Perhubungan DIY akan memantau arus lalu lintas melalui puluhan closed circuit television (CCTV) seluruh DIY untuk mengatasi arus mudik lebaran 2017. Pemantauan dilakukan dengan mengendalikan lampu bangjo dari ruang area traffic control system (ATCS) Dishub DIY.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Baca Juga : LEBARAN 2017 : 68 CCTV untuk Atasi Kemacetan di DIY

Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan DIY Agus Harry Triono menjelaskan cara kerja petugas dalam mengurai kepadatan itu adalah, mereka membagi tugas dengan memantau CCTV yang terkoneksi ke layar komputer di ATCS Dishub DIY. Petugas akan melakukan analisa terhadap arus lalu lintas di setiap titik persimpangan. Jika ditemukan adanya penumpukan arus atau terjadi antrean panjang di suatu lampu bangjo, maka petugas akan mempercepat perubahan lampu bangjo dari merah menjadi hijau. Kemudian lampu hijau sedikit diperlambat untuk memberikan jalan lebih lama di ruas yang terjadi kemacetan. Dengan begitu, maka perlahan akan dapat mengurangi antrean panjang di setiap persimpangan lampu bangjo.

“Operasional pemantauan sampai jam 10.00 WIB atau 12.00 WIB, malam, kalau ada antrean biasanya masimal jam 12 malam [00.00 WIB],” ujarnya.

Agus mengakui, keberadaan ATCS sangat membantu dalam mengurai kemacetan. Petugas Dishub DIY akan melakukan koordinasi dengan kepolisian jika ditemukan suatu titik kemacetan yang butuh penanganan petugas harus datang ke lapangan.

“Ini salahsatu solusi itu mengurangi kemacetan, karena bisa menambahi lampu hijau [lebih lama] di masing-masing persimpangan kalau terjadi antrian,” tegasnya.

Direktorat Lalu Lintas Polda DIY juga memiliki regional traffic management centre (RTMC) yang juga dapat memantau arus lalu lintas dengan mengakses CCTV. Dalam operasi Ramadniya Progo 2017, keberadaan RTMC akan dimaksimalkan untuk mendukung penanganan arus lalu lintas utamanya memantau titik kemacetan.

“Kalau pantauan di RTMC setiap hari selalu ada, jadi bukan cuma saat lebaran saja,” ungkap Direktur Lalu Lintas Polda DIY Kombes Pol Usman Latief.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya