SOLOPOS.COM - Ilustrasi bus (JIBI/Solopos/Dok.)

Lebaran 2017 dipersiapkan Organda dengan menyiapkan bus cadangan

Harianjogja.com, JOGJA — Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY sudah menyiapkan 840 unit bus cadangan untuk mengakut penumpang selama arus mudik dan arus balik hari libur Idul Fitri 1438 H.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Organda DIY, Agus Andrianto mengatakan bus cadangan yang dipersiakan merupakan bus pariwisata. Jumlah bus reguler antar kota antar provinsi (AKP) yang rutin beroperasi saat ini sebanyak 440 unit, sementara bus antar kota dalam provinsi (AKDP) sebanyak 449 unit.

“Adanya cadangan 840 unit untuk back up AKAP diharapkan memperlancar arus musik dan arus balik,” kata Agus, Kamis (1/6/2017).

Ia meyakini tidak akan terjadi penumukan penumpang di Jogja karena semua armada siap, baik taksi yang berjumlah 1000 unit, Trans Jogja juga sudah ada penambahan jalur dan kendaraan. Agus memprediksi arus mudik akan mulai terlihat pada H-14 untuk penumpang dari wilayah Sumatra.

Namun puncak peningkatan jumlah penumpang diprediksi pada H-4 sampai H+4 lebaran. Organda DIY juga sudah mengeluarkan imbauan kepada semua perusahaan otobus agar mempersiapkan kendaraan yang laik jalan dan sumber daya pengemudi yang prim untuk mengngkut para penumpang.

Untuk armada jarak jauh lintas provinsi yang perjalannya melebihi delapan jam, Agus menegaskan agar perusahaan menyiapkan minimal dua pengemudi.

“Supaya stamina pengemudi tetap terjaga.” ujar Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya