SOLOPOS.COM - Petugas kepolisian dari Polsek Sedayu melakukan pengecekan rel tanpa palang pintu di Dusun Tapen, Desa Argosari, Jumat (16/6/2017). (Rheisnayu Cyntara/JIBI/Harian Jogja)

Lebaran 2017 dipersiapkan dengan memantau jalur perlintasan kereta

Harianjogja.com, BANTUL — Jelang arus mudik, petugas Polsek Sedayu perlintasan kereta api (KA) tanpa palang pintu di lima titik yaitu Dusun Tapen I dan Tapen II, Dusun Jurug dan Dusun Bothokan di desa Argosari serta perlintasan di Dusun Tegalrejo, Desa Argomulyo.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Kapolsek Sedayu Kompol Moch Nawawi mengatakan perlintasan tanpa palang rawan kecelakaan apalagi jika berada di wilayah yang ramai dan dekat dengan permukiman penduduk. Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan lokasi dalam menghadapi arus mudik. “Perlintasan yang ramai di Dusun Tapen I sudah ada petugas dari masyarakat setempat atau relawan yang ditugaskan sejak tanggal 15 Juni hingga 10 Juli mendatang,” katanya pada Jumat (16/6/2017).

Sehingga, meski tidak ada palang pintu, ada petugas yang mengatur arus lalu lintas di tempat tersebut. Saat ada kereta lewat, petugas akan segera memberi aba-aba menggunakan bendera untuk menyetop kendaraan yang akan melintas. Sedangkan untuk malam hari, petugas kan menggunakan tanda lampu berkedip merah.

Relawan penjaga lintasan tanpa palang, Sukiman mengatakan setiap tahun saat momen Idul Fitri dan Natal selalu diminta oleh Stasiun Rewulu untuk melakukan penjagaan di tempat tersebut. Ia berjaga sejak pukul 14.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Untuk menunjang kerjanya, ia dibekali dengan jadwal kereta melintas, lampu kedip serta bendera warna merah kombinasi kuning serta peluit. “Hal terpenting bagi pengguna jalan yang hendak melintas adalah perhatikan rambu yang ada. Tengok kiri dan kanan, perhatian sekitar, kalau sudah aman baru melintas. Jadi perlu kewaspadaan dan kehati-hatian,” katanya.

Menurut Panit I Bhinmas Polsek Sedayu, Iptu Agus Supraja pengecekan ini memang dilakukan rutin setiap tahun. Selain itu, Polsek Sedayu juga rutin melakukan pengecekan terhadap rel KA yang ada di wilayah Sedayu untuk menghindari kemungkinan sabotase oknum tidak bertanggungawab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya