SOLOPOS.COM - Ilustrasi suasana KRL Jogja-Solo. (Istimewa/KAI Commuter)

Solopos.com, JOGJA — Penumpang Comuterline atau KRL Jogja-Solo dan KA Prameks mengalami peningkatan cukup tajam selama momen Lebaran 2023. Hingga Lebaran hari kedua, Minggu (23/4/2023), tercatat ada peningkatan dua kali lipat pengguna layanan kedua moda transportasi tersebut dibandingkan hari biasa.

Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, menyampaikan berdasarkan data KAI pengguna KRL pada pukul 15.00 WIB tercatat 10.013 orang atau meningkat dari 5.643 orang. Sedangkan, penumpang KA Prameks tercatat 1.833 orang atau meningkat dari 859 orang.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

“Pengguna masih didominasi oleh pengguna musiman bersama keluarga. Stasiun dengan destinasi tertinggi di wilayah Jogja adalah Stasiun Tugu dengan jumlah pengguna sebanyak 3.791 orang. Sedangkan wilayah Solo, Stasiun Solo Balapan masih menjadi stasiun destinasi tertinggi dengan jumlah 1.802 orang,” ucapnya, Senin (24/4/2023)

Pengguna KA Prameks, lanjut Anne untuk tujuan Stasiun Tugu terdapat 1.026 orang. Sedangkan Stasiun Kutoarjo menjadi stasiun keberangkatan dengan pengguna terbanyak 737 orang.

KAI Commuter pada masa angkutan Lebaran ini mengoperasikan 30 perjalanan Commuterline Jogja-Solo/Palur, sedangkan KA Lokal Prameks terdapat 8 perjalanan Kutoarjo-Jogja, yang beroperasi mulai pukul 05.05 WIB sampai dengan 23.35 WIB.

Anne menyampaikan pihaknya mengimbau kepada pengguna untuk menggunakan KAI Acces dalam pemesanan tiket KA Lokal. Sementara untuk KRL Solo-Jogja atau Commuterline transaksi pembayaran menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Kartu Bank (Emoney, Flazz, Tap Cash dan Brizzi) atau QR Code Gotransit.

“Pengguna juga diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, menjaga dan mengawasi pergerakan anggota keluarganya, menjaga barang bawaan dan mengikuti arahan petugas selama dalam perjalanan baik menggunakan Commuterline ataupun KA Lokal,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya