SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

JOGJA–Persediaan beras di DIY untuk memenuhi kebutuhan selama puasa dan Lebaran diklaim aman.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Kepala Bulog Devisi Regional (Divre) DIY, Darsono Imam Yuwono mengatakan, untuk saat ini, stok beras Bulog mencapai 26.204 ton dan cukup untuk persediaan hingga lima bulan ke depan.

Ia menambahkan, di DIY saat ini di beberapa daerah telah memanen padi, sehingga produksi dan penyerapan beras dari petani oleh Bulog masih tinggi. “Penyerapan kami masih baik, per hari bisa 300 ton,” ujarnya belum lama ini.

Menurutnya, harga beras di DIY selama puasa dan Lebaran diperkirakan tidak akan melonjak signifikan seperti bahan pangan lainnya.

Dinas Pertanian DIY juga menyatakan produksi beras untuk DIY di bulan Ramadan hingga Lebaran mendatang dalam kondisi aman. Berdasarkan data dari Distan DIY, hingga saat ini produksi beras untuk DIY telah mencapai 520.066.290 kilogram sedangkan konsumsi beras untuk DIY hanya mencapai 331.279.216 kilogram hingga September 2012.

“Kebutuhan beras untuk puasa dan lebaran aman, bahkan dengan angka tersebut, kita surplus karena masih ada kelebihan untuk konsumsi sebesar 188.787.074 kilogram,” ujar Kepala Dinas Pertanian DIY Nanang Suwandi.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya